LAPORAN KEUANGAN DITINJAU DARI TINGKAT PROFITABILITAS PADA UMKM TAHU TELOR PAK BLANGKON (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG)

Alexander Alexander

Abstract


ABSTRAK
UMKM Tahu Telor Pak Blangkon adalah salah satu usaha UMKM yang berbasis kuliner yang beralamat di Jl. Tirto Utomo No. 63 Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.UMKM Tahu Telor Pak Blangkon menyediakan dan melayani pesanan berbagai menu makanan dan minuman.Pelayanan dilaksanakan di tempat usaha dan juga melalui pemesanan online. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitaif. Dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan UMKM Tahu Telor Pak Blangkon selama tiga tahun terakhir (2015-2017).Data keuangan tersebut dianalisis menggunakan analisis rasio profitabilitas.
Hasil perhitungan menunjukan bahwa Gross profit margin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun (2015-2017).Sedangkan Net profit margin mengalami fluktuasi dalam tiga tahun terakhir.ROA dan ROE sama-sama mengalami penurunan dari tahun ke tahun (2015-2017).Untuk meningkatkan kinerja keuangan maka perlu memperhatikan efisiensi pengelolaan aktiva dan modal yang dipergunakan.

Keywords


Kinerja Keuangan, Rasio Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Anisa. 2016. “Analisis Kinerja Keuangan Ditinjau dari Rasio Profitabilitas dan Aktivitas” dalam Jurnal Ilmu Administrasi Bisnisvol. 4 hal. 88 – 102. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Dunan, Hendri & Liyana. 2014. “Analisis Kinerja Keuangan” dalam Jurnal Manajemen dan BisnisVol. 5 hal. 01-20. Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Darsono dan Ashari. 2004. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ferdinand, Augusty T. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi. Semarang : BP Undip.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.

Hidayatulah Fajrin, Putri & Laily, Nur. 2016. “Analisis Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Kinerja Keuangan” dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen vol. 5. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan: PSAK No. 1 – Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisisi Pertama. Cetakan Kedelapan Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Martono dan D. Agus Harjito. 2005. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Pertama, Cetakan Kelima. Yogyakarta : Ekonisia.

Prayitno, R. H. 2010. ”Peranan Analisa Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan” dalam Jurnal Manajemen UNNUR Bandung 2 (1) : 9.

Suhendro, Dedi. 2017. “Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Untuk Menilai Kinerja Keuangan” dalam jurnal Human Falah vol. 4. Pematang Siantar: AMIK Tunas Bangsa.

Sutrisno. 2005. Manajemen Keuangan, Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : EKPNISIA Fakultas Ekonomi UII.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.cetakan ke- 13. Bandung : Alfabeta.

Zanara, Mega. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Pontianak: Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.