PENGARUH RASIO KEUANGAN PADA KUALITAS LABA PERUSAHAAN PIA AE JAYA BATU-MALANG

Anastasia Oliva Jema

Abstract


Peningkatankualitas laba perusahaan di dukung oleh adanya kegiatan manajemen perusahaan.Untuk mengetahui perubahan labaperusahaan, sebagai alat menentukan strategi kerja diperlukananalisarasiokeuangansehingga perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan operasional. Perhitungan rasio keuangan terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasioprofitabilitasdan rasio aktivitas. Tujuan penelitian ini untukmenganalisis perubahan rasio keuangan ditinjau dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasioprofitabilitas dan rasio aktivitas untuk memprediksi pengaruh laba perusahaan.
Penelitian ini diteliti dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis data dan menyajikan data. Penelitian ini dilakukan pada UMKM PiaAe Jaya , yang merupakan UMKM yang bergerak dibidang pembuatan Camilan.. Metode pengambilan data adalah Observasi, Wawancaradan Dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis rasio keuangan.Hasil penelitian membuktikan bahwa rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, rasioprofitabilitas dan rasio aktivitastidak berpengaruhterhadap terhadap kualitaslabaperusahaan.

Keywords


Kualitas Laba, Rasio Likuiditas Rasio Solvabilitas Rasio Rentabilitas, RasioProfitabilitas, Rasio Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Yunita dan Puranta, Hendra, 2012. Anggaran Berbasis Kinerja Keuangan : Penyusunan APBD secara Komprehensif. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Fahmi. 2016. Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Edisi Pertama. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Hanafi, Mahdu dan Abdul Halim, 2015. Analisis kinerja Laporan Keuangan. Yogyakarta: (UPP) STIM YKPN.

Hans, Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, Sylvia Veronica Siregar. 2015. Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta : Salemba.

Harahap, S . S. 2014. Analisis Kritis Atas Laporan Kinerja Keuangan. Edisi pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persad.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ni, Luh dan Gede Bayu. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Keuangan terhadap WOM Melalui Kepuasan pada PT. Sarana Dewata Courier” dalam urnal Manajemen Unud. Vol.4: hal. 12-14.

Scott, W. R. 2016. Financial Accounting theory.7thedition. Canada Inc: Pearson Educaton.

Wijaya, Novia. 2016. “Pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan dengan metode value added intellectual capital coefficient” dalam jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Vol 14 No. 3, Desember 2012, hal 157-180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.