PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS KERJA KARYAWAN (STUDI PADA UKM FADILAH USAHA ROTI ANEKA RAGAM,TLOGOMAS KOTA MALANG)

Antonius Kiku

Abstract


Seorang pimpinan sangat di perlukan pada suatu usaha untuk mengontrol, mengarahkan dan meningkatkan kinerja karyawan. Gaya pimpinan yang baik memberi motivasi dan menumbuhkan semangat kerja karyawan untuk meningkatkan berkembang usaha. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan semangat kerja terhadap kualitas kerja karyawan pada UKM Fadilah Usaha Roti Aneka Ragam, Tlogomas Kota Malang secara parsial dan simultan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi di jadikan sampel penelitian sebanyak 30 karyawan UKM Fadilah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan observasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan variabel gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 1,956 dan variabel semangat kerja berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 2,775. Secara keseluruhan variabel gaya kepemimpinan dan semangat kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kualitas kerja karyawan (Y) sebesar 64,9%. Adapun yang perlu di perhatikan UKM yaitu memberikan meningkatkan semangat kerja karyawan seperti peningkatan gaji dan memberikan suasana kerja yang santai sehingga bisa menghasilkan kinerja kualitas yang baik.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kualitas Kerja Karyawan, Semangat Kerja

References


Azwar, S. 2007. Manajemen Perusahaan, Yogyakarta: pustaka belajar.

Handoko, T hani. 2012. Manajeman personalia dan sumber daya manusia . Yogyakarta : BPFE.

Isyandi, H. B. 2004. Manejemen Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Global. Pekanbaru : UNRI Press.

Nawawi, H. 2015. Manajeman Sumber Daya Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Jakarta : bumi Aksara.

Simamora. 2006. Manajeman Modern (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: Sinar Baru.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. (1th ed.) Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.