ANALISIS PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI COFFEE SARIJAN (STUDI KASUS PADA /I PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG)

Deni Suharsono

Abstract


Coffee Sarijan adalah salah satu UMKM berbasis kuliner dengan lokasi yang berdekatan dengan kampus utama UIN Malang, tepatnya beralamat di Jl. Simpang Gajayana Kecamatan Lowokwaru. Coffee Sarijan memiliki produk khas yaitu kopi bubuk hitam Sarijan dengan olahan minuman kopi yang bervariasi dari produk tersebut. Bukan hanya ornament kayu dari bangunan café tersebut, live music menjadi sajian rutin untuk memanjakan konsumen yang datang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan metode random sampling yaitu pengambilan sampel penelitian secara acak sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil uji t membuktikan bahwa harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 2,747, lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 1,307 dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumensebesar 2,489. Hasil uji F membuktikan bahwa harga, kualitas produk, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 10.084. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen maka perlu memperhatikan beberapa aspek yaitu harga, lokasi dan kepuasan konsumen.

Keywords


Lokasi, Harga , Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen

References


Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Lokasidan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)” dalam jurnal Manajemen Vol.1, No.2. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Komalig, Anastasya L. 2013. “Manajemen Hubungan Pelanggan dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Debitor Pada PT. Bank Sulut Cabang Calaca Manado” dala jurnal EMBA. vol.1 no.4 Desember 2013.

Kotler, P. dan , G. Armstrong. 2012. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education.

Kotler, Philip dan Amstrong 2012, Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Lembang, D. R. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. (Studi Kasus pada Mfahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro)” (Skripsi). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Lupiyadi, Rambat dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Jakarta : Salemba Empat.

Naresh, K. Malhotra. 2009. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. jilid 1. Jakarta : PT. Indeks.

Nugroho, Dwi Mulyono. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel” dalam Jurnal OE. vol. 7 no.2 Juli 2015.

Paramitha, Mariska Deasy dan Khasanah, Imroatul. 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Nges-Nges Banyumanik Semarang)” dalam jurnal Diponegoro Journal Of Management. Vol. 4, No. 2.

Peter, J. P & J.C. Olson. 2014. Customer behaviors Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Prihatminingtyas, B. 2015. “Meningkatkan Daya Saing Dalam Mendorong Pengembangan Produk Berbasis Kerakyatan Menuju Good Local Industry” dalam Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Terbuka, UTCC, 26 Agustus 2015.

Rondonuwu, Priscilia D. 2013. “Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado” dalam Jurnal EMBA. vol.1 no.4 Desember 2013.

Sangadji, Etta, Mamang, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertasi Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Saputro , R.M dan Kamal, Mustofa. 2015. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Grand Panorama Resto Semarang)” dalam jurnal Vol. 4, No. 2, 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.