ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DAN KERUSAKAN PRODUK KRIPIK TELA “JAPA” KECAMATAN DAU MALANG
Abstract
Dengan metode Control Chartmaka dapat diketahui bahwa rata-rata kerusakan (CL) adalah 0,0334, batas kendali bawah (LCL) adalah 0,0323 dan batas kendali atas (UCL) adalah 0,344.Hasil dari analisis metode Control Chart menunjukan bahwa proses produksi tidak terkendali atau penyimpangan. Hal tersebut dapat dilihat dalam grafik peta kendali (Control Chart) dimana titik berfluktuasi dan tidak beraturan. Berdasarkan diagram tersebut maka perlu perbaikan yang dilakukan untuk jenis kerusakan yang dominan yaitu kripik gosong , bahan baku dan patah/remuk. Dari observasi lapangan faktor yang menyebabkan kerusakan adalah manusia, mesin, material, metode dan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arianti, Maulinda S. 2016. “Analisis Quality Control Untuk menjaga Kualitas Produk Tempe Pada Home Industri Tempe Bapak Joko Purwanto Di Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda” dalam jurnal Universitas Mulawarman ( No. 4. Vol. 4. November 2016) hal 1016-1030.
Assauri, Sofyan. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi. Jakarta : LPFE-UI.
Basuki, B. Purnomo. 2003. Dasar-Dasar Urologi. Malang : Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
Harahap, Sandra A. 2016. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Keripik Pisang Puri Jaya Pada Pd. Puri Jaya Di Bandar Lampung” (Skripsi). Universitas Lampung.
Khomah I, dan Rahayu Siti E. 2015. “Aplikasi Peta Kendali P sebagai Pengendalian Kualitas Karet di PTPN IX Batujamus/Kerjoarum” dalam jurnal Universitas sebelas Maret ( No. 1. Vol. 1. Januari 2015) hal 13-24.
MN. Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Murdifin, Haming dan Mahfud, Nurnajamuddin. 2007. Manajemen Produksi Modern : Operasi Manukfaktur dan jasa. Jakarta : Bumi aksara.
Pasaribu, Romindo M. 2015. Manajemen Mutu. Medan: Universitas HKBP Nommensen.
Richard B.Chase. 2001. Operations and supply chain Management 9th Edition. Mishawaka : McGraw-Hill/Irwin.
Yamit, Zulian. 2004. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.