PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON ASSETS DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK DAN KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 – 2017

Iswara Ali

Abstract


ABSTRAK
Harga saham merupakan salah satu indikator keberhasilan perusahaan dan mencerminkan nilai suatu perusahaan. Beberapa rasio keuangan yang bisa menunjukan konsisi keuangan perusahaan sehingga menentukan naik dan rendahnya harga saham yaitu Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin, Return On Assets dan Return On Equity terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017 secara parsial dan simultan. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Data penelitian menggunakan laporan keuangan Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian secara parsial membuktikan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar (3,118), Return on Assets (ROA) berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar (6,142) dan Return on Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham sebesar (7,706). Hasil penelitian secara simultan membuktikan bahwa Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga sebesar (4,922) atau atau 62,8%. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan perusahaan dalam mengontrol harga saham perlu meningkatkan profitabilitas sehingga nilai Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) mengalami peningkatan.

Keywords


Harga Saham, Margin Laba Bersih, Tingkat Pengembalian Asset, Tingkat Pengembalian Ekuitas

Full Text:

PDF

References


Brigham dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 11. Jakarta : Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Fakhrudin. 2012. Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung. Alfabeta.

Agnes, Sawir. 2011. Analisis Kinerja. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sutrisno. 2005. Manajemen Keuangan : Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Ekonisia.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Yogyakarta : Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.