ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PROSES PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) (STUDI KASUS: PADA KERIPIK TALAS MENTARI KEC. NGANTANG)

Jenni Kamillia

Abstract


Pengendalian persediaan bahan baku berperan penting dalam merencanakan kebutuhan produksi. Persediaan bahan baku yang cukup berdampak terhadap kelancaran proses produksi sehingga usaha Keripik Talas Mentari Kecamatan Ngantang mengalami keuntungan, salah satu perhitungan persediaan bahan baku menggunakan metode EOQ. Tujuan penelitian ini untuk menganalisi persediaan bahan baku (Talas), membandingkan metode perhitungan persediaan bahan baku yang digunakan Keripik Talas dan menganalisis efektifitas pengendaliaan persediaan bahan baku dengan metode Ekonomic Order Quantity (EOQ) Keripik Talas Mentari Kecamatan Ngantang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan 1 minggu pada Keripik Talas Mentari Kecamatan Ngantang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah analisis EOQ.
Hasil penelitian membuktikan bahwa persediaan bahan baku pada Usaha Talas Mentari Jaya Kecamatan Ngantang dinyatakan cukup tinggi, perbandingan persediaan bahan baku sebelum dan sesudah penerapan metode Ekonomic Order Quantity (EOQ) pada Keripik Talas memiliki selisih cukup tinggi dan penerapan perhitungan Ekonomic Order Quantity (EOQ) pada Keripik Talas cukup efektif dalam menurunkan biaya persediaan bahan baku. Berdasarkan hasil penelitian maka Usaha Talas Mentari Jaya Kecamatan Ngantang perlu menghitung persediaan bahan baku menggunakan metode EOQ agar dapat membantu usaha menentukan kuantitas pesanan optimal dan periode pesanan.

Keywords


Metode Ekonomic Order Quantity (EOQ), Pengendalian Persediaan Bahan Baku, Proses Produksi

Full Text:

PDF

References


Hanggana, Sri. 2006. Prinsip Dasar Akuntansi Biaya. Surakarta : Mediatama.

Prawirosentono. 2009. Riset Operasi Dan Ekonofisika. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi Di Bidang Bisnis . Jakarta : Erlangga.

Tambubolon. 2004. Manajemen operasioal. Jakarta : Ghalia Indo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.