PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KERAMIK SOEHARTO KOTA MALANG

Lukas Hendri

Abstract


Gaya kepemimpinan adalah hal yang paling berpengaruh dalam kinerja karyawan, dimana dampak yang terjadi dengan gaya kepemimpinan dapat meningkat dan menurunkan kinerja karyawannya. gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh seorang pemimpin di dalam suatu perusahaan memiliki peranan utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan baik. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan otoriter terhadap kinerja karyawan di keramik soeharto kota malang.2) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan di keramik soeharto kota Malang. 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpian delegatif terhadap kinerja karyawan di keramik soeharto kota Malang. 4) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan otoriter, partisipatif dan delegatif secara simultan terhadap kinerja karyawan di keramik soeharto kota Malang. Metode yang digunakan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian 1)Variabel otoriter (X1) berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 3.148 >tabel 2.017 dengan nilai signifikan sebesar 0,003 sehingga menerima H1. 2) Variabel partisipatif (X2) berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 3.090 >tabel 2.017 dengan nilai signifikan sebesar ) 0,004, sehingga menerima H2. 2) Variabel Delegatif (X3) berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 3.142 >tabel 2.017 dengan nilai signifikan 0,003, sehingga menerima H3. 4) Berdasarkan analisis secara simultan diketahui nilai signifikasi sebesar 0,000>0,05 dan di peroleh F hitung 7,266 > F tabel 2,31 sehingga disimpulkan bahwa H4 diterima yang berarti terdapat pengaruh otoriter, partisipatif, dan delegatif secara simultan terhadap kinerja karyawan.

Keywords


Kepemimpinan, Kinerja dan Karyawan

Full Text:

PDF

References


Hidayatullah. 2010. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Di Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara). Surakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Thoha, Miftah. 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.