PENGARUH KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GARAM SUMENEP

Moh. Mahfud Junaidi

Abstract


Di era globalisasi ini dunia usaha tidak lagi dibatasi oleh sekat-sekat wilayah. Berbagai perusahaan mempunyai kesempatan untuk meluaskan jangkauannya. Dalam kondisi seperti ini dunia usaha dihadapkan pada suatu kompetisi yang sangat ketat. Beberapa potensi karyawan seperti kedisiplinan, motivasi, totalitas, kecerdasan dan sebagainya dapat mempengaruhi kinerja karyawan dalam menjalankan perannya di perusahaan. Pengelolaan yang baik dapat mendorong sumber daya manusia termotivasi dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih baik dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengelola potensi, kesempatan dan faktor - faktor yang dapat mendorong kinerja para karyawan di suatu perusahaan menjadi lebih baik.
Manajemen sumber daya manusia memiliki kewajiban untuk membangun perilaku kondusif karyawan. Selain itu, manajemen SDM juga memiliki tugas untuk menciptakan kinerja terbaik bagi perusahaan dan karyawan. PT. Garam Persero adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi, pengelolaan dan mendistribusikangaram sebagai bahan baku, baik garam olahan maupun garam konsumsi. Cikal bakal PT. Garam bermula pada tahun 1921, saat pertama kali Pemerintah Kolonial Belanda mulai mendirikan perusahaan dengan nama Jawatan Regie Garam. Kemudian pada tahun 1937, berganti nama menjadi Jawatan Regie Garam dan Candu (berdasarkan Lembaran Negara No. 254 dan diganti Lembaran Negara No. 357).

Keywords


Pengaruh Kenerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Mawoli., & Mohammed, A. 2012. Motivasi dan Prestasi Kerja Staf Akademik Universitas Nigeria, Nigeria: Universitas Calabara.

Banni, M. 2012. “Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) Wilayah Kaltim Area Samarinda” (Skripsi). Universitas Mulawarman.

Cahyono. 2012. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen dan Karyawan Universitas Daha Kediri” (Skripsi). Universitas Islam Kalimantan.

Edy, S. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibun, M. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Kuncoro, M. 2011. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.

Mangkunegara, A. P. 2010. Evaluasi Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Reika Aditama.

Umar, A. 2013. “Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kepuasan Terhadap Kinerja Pegawai PT. POS Indonesia Cabang Bitung” (Skripsi). Universitas Sam Ratulangi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.