PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN PENERBITAN BUKU IRDH (INTERNATIONAL RESEARCH AND DEVELOPMENT OF HUMAN BEINGS)

Novia F. E. Jima

Abstract


Aspek yang penting bagi perusahaan terutama keterkaitannya dengan kinerja karyawan merupakan stres kerja. Kinerja karyawan merupakan hal penting bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh konflik peran terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Penerbitan Buku IRDH. 2) Untuk menganalisis pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Penerbitan Buku IRDH. 3) Untuk menganalisis pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja karyawan Pada Perusahaan Penerbitan Buku IRDH. 4) Untuk mengetahui pengaruh konflik peran, beban kerja, dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Penerbitan Buku IRDH. Penelitian ini dilakukan di pada Perusahaan Penerbitan Buku IRDH (International Research and Development For Human Beings) yang berlokasi di New Villa Bukit Sengkaling Blok C9 No.1, Dau, Malang, Indonesia. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan perusahaan penerbitan buku IRDH yang berjumlah 30 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisa regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penelitan menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh negatif dan signifikan antara konflik peran terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Penerbitan Buku IRDH, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi (b1) bertanda negatif yaitu sebesar -1,296 dengan nilai signifikansi sebesar 0,042 < 0,05. 2) Ada pengaruh negatif dan signifikan antara beban kerja terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Penerbitan Buku IRDH, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi (b2) bernilai negative yaitu sebesar -0,889, dengan nilai signifikansi sebesar 0.024 < 0,05. 3) Ada pengaruh positf dan signifikan antara pengembangan karir terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Penerbitan Buku IRDH, hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi (b3) bernilai negatif yaitu sebesar 1,922, dengan nilai signifikansi sebesar 0,014 < 0,05. 4) Ada pengaruh secara simultan konflik peran, beban kerja dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. 5) Kinerja karyawan dipengaruhi variabel konflik peran, beban kerja dan pengembangan karir sebesar 96,1%. Sedangkan sisanya sebesar 3,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Konflik Peran, Beban Kerja, Pengembangan Karir dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Brecht, G. 2000. Mengenal dan Mengelola Stres. Jakarta: PT Prenhalindo.

Handokoi. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE.

Putri, Budi, Setyowati & Prihatminingtyas, Budi. 2017. “Usaha Kecil Agroindustri Jagung Kedelai dan Ubi Kayu di Kabupaten Malang” dalam jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol. 5. No. 1 Tahun 2017

Prihatminingtyas B, R Y Susanto. 2015. “The Business Opportunity of Micro Industry of Crispy Chiken and Crispy Salty Fish in Malang City Indonesia” dalam jurnal Vol. 2. No. 2.

Sasono, Eko. 2004. “Mengelola Stres Kerja” dalam jurnal Fokus Ekonomi. Vol III. No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.