PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KEDELAI PADA UD. KARYA JAYA BATU (STUDI KASUS: INDUSTRI TAHU DAN TEMPE UD. KARYA JAYA, DESA BEJI, KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU)

Nurul Yaqin

Abstract


Bahan baku adalah hal yang terpenting dalam suatu industri. Maka dari itu, perusahaan maupun industri banyak melakukan berbagai metode untuk mengolah suatu persedian bahan baku. Untuk melakukan proses produksi, maka perusahaan harus melakukan pengadaan atau pembelian bahan baku. Prosedur atau cara pembelian bahan baku yang baik dan sesuai dengan kondisi perusahaan akan sangat menunjang terhadap kegiatan produksi. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengendalian bahan baku di Industri Tahu Dan Tempe UD. Karya Jaya Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang disusun dalam rangka memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi ilmiah yang berasal dari subjek atau objek penelitian. Penelitian deskriptif berfokus pada penjelasan sistem tentang fakta yang diperoleh daat penelitian dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari perusahaan tau industri. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Economic Order Quantity, Total Inventory Cost, safety Stock, Reorder Point dan Maximum Inventory.
Hasil analisa menyatakan bahwa Persediaan bahan baku pada Industri UD. Karya Jaya belum efisien dengan selisih sebesar 3,055.82 Kg serta selisih total biaya persediaan mencapai Rp. 82,087.18. Ketika jumlah persediaan bahan baku kedelai di gudang mencapai jumlah 382 kg, maka Industri UD. Karya Jaya harus melakukan pemesanan kembali untuk 3 (tiga) hari berikutnya. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai Total Inventory Cost (TIC) EOQ yaitu sebesar Rp 252,760.82. sedangkan Total Inventory Cost (TIC) menurut perhitungan Industri UD. Karya Jaya sebesar Rp 334,848. Jadi, dapat diketahui bahwa nilai TIC menurut perhitungan Industri UD. Karya Jaya lebih besar dari pada perhitungan TIC EOQ. Maka biaya total yang dikeluarkan oleh Industri UD. Karya Jaya dalam melakukan persediaan bahan baku selama periode bulan Februari belum optimal dengan selisih yaitu sebesar Rp 82,087.18.

Keywords


Pengendalian Persediaan, Bahan Baku Kedelai, EOQ

Full Text:

PDF

References


Ahyari, A. 1999. Manajemen Produksi, Perencanaan Sistem Produksi. Jakarta : BPFE.

Amrillah, Dkk. 2016. “Analisis Metode Economic Order Quantity (EOQ) Sebagai Dasar Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembantu pada PG. Ngadirejo Kediri – PT. Perkebunan Nusantara X” dalam jurnal Vol. 33, No. 1, April 2016.

Assauri, Sofjan. 1998. Manajemen Produksi dan Operasional, Edisi 4. Jakarta : LPEE Universitas Indonesia.

Buffa, Elwod S. & Sarin, Rakesh K. 1996. Manajemen Operasional dan Produksi Modern. Jakarta : Binarupa Aksara.

C. Rollin, Niswonger. 2000. Prinsip – Prinsip Akuntansi. Jakarta : Erlangga.

Carter, William K. 2009. Akuntasi Biaya, Buku I, Edisi 14. Jakarta : Salemba Empat.

Dristiana, Sukmono. 2015. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Obat dengan Menggunakan Metode EOQ Probabilistik Berdasarkan Peramalan Eksponensial Smoothing pada PT. XYZ” dalam jurnal Vol. 13, No. 2, 2015.

Garrison, dan Noreen. 2000. Akuntansi Manajerial. Penerjemah BudiSantoso, A. Totok. Buku 2. Jakarta : Salemba Empat.

Gitosudarmo, I. 2002. Manajemen Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta : BPFE Universitas Indonesia.

Gonzalez, J dan Daniel, G. 2010. “Analysis of an Economic Order Quantity and Reorder Point Inventory Control Model for Company XYZ” (Skripsi). California : California Polytechnic State University San Luis Obispo.

Guga, E dan Musa, O. 2015. “Inventory Management Through EOQ Model a Case Study of Shpresa LTD Albania” dalam jurnal International Journal of Economics, Commerce and Management, Vol. III (12) : 2348-0386.

Handoko, T. H. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta : BPFE.

Hansen, Don R, dan Marynne M. Mowen. 2005. Akuntansi Manajemen, Edisi Delapan. Jakarta : Salemba Empat.

Hasibuan, M. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Gunung Agung.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persana.

Harming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2007. Manajemen Produksi Modern. Jakarta : Bumi Aksara.

Heizer, Jay dan Berry Render. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Edisi 1. Jakarta : Selamba Empat.

Herjanto, Eddy. 2007. Manajemen Operasi, Edisi 3. Jakarta : PT. Raja Grasindo Persada.

Indrayati. 2007. “Analisis Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada PT. Tipota Furnishings Jepara” (Skripsi). Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Indroprasto, Suryani. 2012. “Analisis Pengendalian Persediaan Produk dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetika untuk Mengifesiensikan Biaya Persediaan” dalam jurnal Vol. 1, September 2012.

Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Meilani, Saputra. 2013. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Vulkanisir Ban PT. Gunung Pulo Sari” dalam jurnal Vol. 12, No. 1, April 2013.

Muslimin, L. dan M, Ansar. 2010. Pengolahan dan Pemanfaatan Kedelai dan Ajaran Keterampilan Berbasis Teknologi Tepat Guna. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Non Formal dan Informal.

Oktavianus, F., Dewi, Dian Retno S., Mulyana, Ignasius J. 2010. “Pengendalian Persediaan Barang dengan Demand dan Lead Time yang Berseifat Probabilistik di UD. Sumber Niaga” dalam jurnal WIDYA TEKNIK, Vol. 9, No. 1, 2010.

Padangaran, A. M. 2013. Analisis Kuantitatif Pembiayaan Perusahaan Agribsinis. Bogor : IPB Press.

Panjaitan. 2009. Perencanaan Persediaan Bahan Baku di PT. Angsa Daya. Jakarta : Fakultas Teknologi Industri Universitas Mercu Buana.

Pardede, Pontas M. 2005. Manajemen Operasional dan Produksi, Edisi I. Yogyakarta : ANDI.

Prawirosentono. 2001. Manajemen Operasi. Jakarta : PT. Bima Aksara.

Puspika, J. dan Anita, D. 2013. “Inventory Control dan Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produksi Roti pada Roti Bobo Pekanbaru” dalam jurnal Ekonomi, Vol. 21 (3):1-12.

Rangkuti, F. 2007. Manajemen Persediaan, Aplikasi Di Bidang Bisnis. Jakarta : Rajawali Press.

Sampeallo. 2013. “Analisis Pengendalian Persediaan pada UD. Bintang Furniture Sangasanga” dalam jurnal Vol. 8, No. 1, Maret 2012.

Saragi, Setyorini. 2014. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Daging dan Ayam dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Restoran Steak Ranjang Bandung” dalam jurnal Vol. 1, No. 3, Desember 2014.

Setyorini, W., S. Khotimah dan L. Herlina. 2015. “Analisis Persediaan Barang Dagang Beras pada Toko H.S.A Putra Pangkalan Bun” dalam jurnal Juristek vol. 4 (1): 34-56.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta : Rajawali Grafindo.

Sutjiadi. 2014. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Roti di UD. Minang Jaya” (Skripsi). Yogyakarta : Fakultas Teknologi Industi Universitas Atma Jaya.

Suwandi, Ni Wayan P., Meitriana, M. A., Tripalupi, L. E. 2014. “Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Tempe Tahu Cap Malang Desa Petiga Tahun 2011-2012” dalam jurnal Vol. 4, No. 1, 2014.

Syamsul, M. 2003. Manajemen Operasi. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

William, C. 2009. Akutansi Biaya, Buku I, Edisi Empatbelas. Jakarta : Salemba.

Winandhoyo, N. A. I., Syafi’i dan D. Soejono. 2015. “Analisis Ekonomi dan Pengembangan Agroindustri Susu Kedelai Berbagai Skala Usaha di Wilayah Kabupaten Jember. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian” dalam jurnal Vol. 8 (1): 56-63.

Yamit, Z. 2003, Manajemen Persediaan. Yogyakarta : Ekonisia.

Yohanis, Theo Manto S. P. 2015. “Analisis persediaan Bahan Baku Kedelai pada Industri Tahu Mitra Cemangi di Kecamatan Tatanga Kota Palu” dalam e-J. Agrobistek 3 (2) : 261-270, April 2015.

Wardani. 2015. “Perencanaan dan Pengendalian Persediaan dengan Metode EOQ” dalam jurnal Vol. 13, No. 3, Mei 2015.

Zulfikarijah. 2005. Manajemen Persediaan. Malang : Universitas Muhammadiyah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.