ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM JUST IN TIME PADA PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM USAHA UNTUK EFISIENSI BIAYA PRODUKSI (STUDI PADA PABRIK PEMBUATAN MIE SETAN SENGKALING KOTA MALANG)

Oktavianus Hugo

Abstract


Tujuan berdirinya perusahaan adalah untuk melakukan kegiatan produksi yang tujuan akhirnya menjual suatu produk barang maupun pun jasa demi mendapatkan keuntungan. Produk dan jasa tersebut merupakan output perusahaan yang diperoleh dari pembelian yang kemudian langsung dijual kembali kepada konsumen atau dari proses produksi. Perusahaan akan melakukan proses produksi terlebih dahulu untuk memperoleh suatu produk. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk melihat bagaimana penerapan sistem Just In Time di dalam perusahaan. 2) untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya produksi pada perusahaan. 3) untuk mengetahui bersarnya pengaruh proses produksi dengan menerapkan Just In Time terhadap efisiensi biaya produksi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi . Kemudian setelah diperoleh data dari responden dianalisis dan di uji hipostesisnya.
Hasil penelitian 1) Penetapan sistem Just in Time dalam proses produksi memberikan jumlah pengurangan biaya yang lebih efisien dibandingkan dengan sistem produksi menggunakan metode tradisional.1) Tingkat efisiensi produksi dapat dikatakan cukup baik, hal ini terlihat dari tingkat kemampuan perusahaan dalam memproduksi per bulannya dan jumlah laba yang diperoleh perusahaan setiap bulannya.3) Sistem Just in Time memberikan jumlah biaya produksi yang dua kali lebih kecil dibandingkan dengan penggunaan metode tradisional pada biaya produksi, selain itu jumlah laba/ keuntungan yang didapatkan juga lebih besar.

Keywords


Implementasi, Just In Time, Persediaan Bahan Baku, Efisiensi Dan Biaya Produksi

Full Text:

PDF

References


Hansen dan Mowen. 2006. Akuntansi Manajemen. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Sugian, Syahu. 2006. Kamus Manajemen (Mutu). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Syahu, Sugian. 2006. “Penerapan Sistem Just In Time Terhadap Efisiensi Biaya Produksi Di Perusahaan M-02 Handicraf Manufacture” (Skripsi). Madura : Universitas Trunojoyo Madura.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.