ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PERUSAHAAN PIA AE JAYA

Petrus Bhaka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persediaan bahan baku kue pia pada Perusahaan pia ae jaya lebih khusus untuk bahan baku tepung dan gula. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan, sejak bulan Januari sampai bulan Februari 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari Perusahaan pia ae jaya dan data primer yaitu data yang diambil melalui wawancara langsung kepada pemilik Perusahaan pia ae jaya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode EOQ (Econimic Order Quantity) untuk mengetahui kapan melakukan pemesanan kembali dan menentukan berapa jumlah yang dipesan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diPerusahaan pia ae jaya, dapat disimpulkan bahwa dalam menetapkan pembelian bahan baku Perusahaan pia ae jaya, belum mempunyai manajemen persediaan bahan baku. Perusahaan pia ae jaya belum dapat memperhitungkan pembelian bahan baku yang optimal, dimana pembelian bahan baku Perusahaan pia ae jaya lebih besar dibandingkan dengan penggunaan bahan baku yang mengakibatkan terjadinya pemborosan biaya.

Keywords


Analisis Persediaan bahan baku Pia Ae Jaya

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 1993. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Keempat. Jakarta : Lembaga Penerbit Ekonomi Universsitas Indonesia.

Ayhari, Agus. 2002. Manajemen Produksi Pengendalian Sistem Produksi, Edisi Empat. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta : Graha Indonesia.

Griffiths, G., Wheelwright., Victor E., McGee. 1999. Metode dan Aplikasi peramalan.Edisi Kedua. Jilid 1. Jakarta : Binarupa Aksara.

Hanggana, Sri. 2006. Prinsip Dasar Akuntansi Biaya. Surakarta : Mediatama.

Imelda, Patricia, dan S. A. Irwandi. 2011. “Rancangan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode EOQ Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok Ketapang Jaya Tanggulangin Sidoarjo” dalam The Indonesian Accounting Review. Surabaya : STIE Perbanas.

Indoprasto., E. Suryani. 2012. “Analisis Pengendalian Persediaan Produk Dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetika Untuk Mengefisiensikan Biaya Persediaan” dalam Jurnal Teknik ITS. Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Riyanto, Bambang. 1996. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Kedua. Yogyakarta : Yayasan Badan Penerbit Gadjah Mada.

Rosmiati.,R. A. Rauf., D. Howara. 2013. “Analisis Economic Order Quantity Untuk Menentukan Persediaan Bahan Baku Keripik Sukun (Studi Kasus: Industri Rumah Tangga Citra Lestari Production)” dalam e-J.Agrotek bisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako Palu.

Usry, Milton F. Dan Hammar, Lawrence H. 1995. Akuntansi Biaya Perencanaan Dan Pengendalian, Terjemahan Herman Wibowo, Edisi Kesepuluh, Cetakan Kedua, Jilid Satu. Jakarta : Penerbit Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.