PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI TPST MULYOAGUNG BERSATU DESA MULYOAGUNG KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG)

Rosalia Elisabet Beribing

Abstract


Lingkungan kerja yang baik diharapkan dapat memacu produktivitas kerja karyawan yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) lingkungan kerja di TPST Mulyoagung Bersatu Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang, 2) employee work productivity at TPST Mulyoagung Bersatu Mulyoagung Village, Dau District, Malang Regency, and 3) pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan TPST Mulyoagung Bersatu Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TPST Mulyoagung Bersatu Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan waktu penelitian dari bulan Desember 2017-Januari 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di TPST Mulyoagung Bersatu yang berjumlah 150 orang karyawan. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 15%, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisa data menggunakan analisa deskriptif dan analisa regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tanggapan karyawan terhadap lingkungan kerja di TPST Mulyoagung Bersatu Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang secara umum memperoleh nilai yang baik, 2) tanggapan karyawan terhadap produktivitas kerja di TPST Mulyoagung Bersatu Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang secara umum memperoleh nilai baik dan 3) lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di TPST Mulyoagung Bersatu Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang diketahui dari bahwa t hitung sebesar 7,645 dengan taraf signifikans 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.

Keywords


Lingkungan Kerja, Produktivitas Kerja, Karyawan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Handoko, T Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu S. P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Prianto, A. 2006. Menakar Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Andi.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suseno, Vyo Sandra; Miftahul Munir. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Bidang Sanggan (Studi Kasus Pada PT. Gudang Garam Tbk.)” dalam jurnal Cendekia. ISSN: 1693-6094. Vol: 11. No: 2. Hal: 58-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.