PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN DI PG KEBON AGUNG PAKISSAJI MALANG

Yudhica Cassandra T H

Abstract


Karyawan dibutuhkan oleh perusahaan yang mempunyai produkktivitas kerja yang tinggi sehingga karyawan menjadikan perusahaan berkembang dengan pesat. Produktifitas kerja akan meningkat bila kepuasaan dan lingkungan kerja membuat karyawan merasa senang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan, 2) Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan, 3) Menganalisis faktor dominan lebih berpengaruh terhadap produktifitas kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PG Kebon Agung Pakissaji Malang pada 1 Januari- Februari 2018. Jenis data yang digunakan adalah menggunakan regresi linier berganda. Data yang dilakukan berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di bagian Divisi SDM & Umum yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan rumus Regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Hasil perhitungan Uji t menunjukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan PG Kebon Agung Malang sebesar 2,985 atau H₁ diterima. Kepuasan kerja yang mempengarui produktifitas kerja dikarenakan adanya hasil kerja yang sesuai gaji yang sesuai dan adanya bonus, tunjangan kerja dan kenakan jabatan, 2) Hasil perhitungan uji t membuktikan bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan di PG Kebon Agung Malang sebesar 2,474 atau H₂ diterima. Lingkungan kerja yang mempengarui produktivitas kerja karyawan kelengkapan perlengkapan kerja sehingga berdampak melancarkan pekerjaan, 3) Hasil uji F membuktikan bahwa secara bersama-sama kepuasan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan PG Kebon Agung Malang sebesar 90,271.

Keywords


Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja , Produktivitas Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Agora, Panji. 2015. Psikologi Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Ariyanto, Henry. 2012. Modul Kuliah Metode Penelitian Hukum. Jakarta : Universitas Esa Unggul.

Edy, Sutrisno. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Gibson, R. L; Mitchell, Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling,( Edisi Indonesia- Edisi ke tujuh). Yogyakarta : Pustaka belajar.

Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 ( Edisi Kelima). Semarang : Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Mardiana. 2005. Manajemen Produksi. Jakarta : Penerbit Badan Penerbit IPWI.

Muhammad, Ismail, Yusanto. 2002. Pengantar Manajemen Syariah. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanusi. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : salemba empat.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia Dan Produktifitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.