PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PENDAPATAN PADA PG KEBON AGUNG PAKISSAJI MALANG

Yunita Kodu Boku

Abstract


Modal kerja merupakan keseluruhan aktiva lancar yang bisa dijadikan uang kas yang dimiliki perusahaan, atau dana yang harus tersedia untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari, misalnya untuk membayar gaji pegawai, membeli bahan baku/barang, membayar hutang dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap pendapatan pada PG Kebon Agung secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahun 2014, 2015 dan 2016. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian didapatkan nilai r square (r2) sebesar 0,991 dan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai thitung ≥ ttabel (32,376 ≥ 1,782) dengan nilai signifikan 0,000 (p value ≤ 0,05). Sehingga dapat dikatakan bahwa secara parsial variabel modal kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan PG Kebon Agung Pakisaji Malang. Dengan demikian diharapkan kepada pihak manajemen untuk tetap menjaga kestabilan perputaran modal kerja.

Keywords


Pengambilan Keputusan, Perilaku Konsumen

Full Text:

PDF

References


Agus, I. Gitusudarmo dan Basri. 2002. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE.

Annisa, Kurniati. 2013. “Pengaruh modal kerja terhadap pendapatan pengrajin industri kecil Tempe di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang” dalam jurnal Vol.2 No 3.

Anwar, Sanusi. 2003. Metodologi Penelitian Praktis; Untuk Ilmu Sosial Dan Ekonomi. Malang: Buntara Media.

Bambang Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermedite Accounting,edisi kedelapan. Yogyakarta : BPFE, Yogyakarta.

Candora. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pengrajin batik kayu.Yogyakarta.

Dewi, Farida.R, Wardani, Arizca.K .2015. “Analisis Struktur Modal terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Utama yang Terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen dan Organisasi” dalam jurnal Vol VI, No 2:135-148.

Dwi, Made. Vijayanti dan Gusti, I, Wayan Murjana Yasa. 2016. “Pengaruh lama usaha dan modal terhadap pendapatan dan efisiensi usaha pedagang sembako di pasar Kumbasari” dalam jurnal Vol.5 No 12.

Endang, Afriyeni. 2008. “Penilaian Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Analisis Rasio” dalam jurnal Vol.3, No. 2. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Firdausa, Rosetyadi.A dan Arianti, Fitrie. 2013. ”Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Pasar Bintoro Demak” dalam jurnal Ekonomi Diponegoro. No. 1, Vol. 2.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 2001. Manajemen Strategi. Yogyakarta : BPFE.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonomi metrika Dasar. Jakarta : Erlangga.

Hentiani,Tri. 2011. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Informal di Pajak Sentral Medan” (Skripsi). Medan : Repository Usu.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi, Cetakan keempatbelas. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Kusnadi. 2000. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate) (Prinsip, Prosedur, dan Metode). Malang. Universitas Brawijaya.

Maharani, Ni Made D.P, I Made Jembe. 2016. “Pengaruh modal sendiri dan lokasi usaha terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Tabanan (modal pinjaman sebagai variabel intervening)” dalam jurnal Vol.9 No 2.

Munawir. 2005. Auditing Modern. edisi pertama. catatan keempat. Yogyakarta ; BPFE.

Nazir, M. 2010. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Nurdirman. 2001. Manajemen Tugas, Tanggung Jawab, Praktek. Jakarta : Gramesia.

Soemarso,S. R. 2000. Akuntansi suatu pengantar, Buku 1. Jakarta : Salempa Empat.

Suandini, Kristina, Dan Suzan, Leny. 2015. “Pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan perusahaan (Studi kasus pada industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)” (Skrpsi). Fakultas Ekonomi Universitas Telkom Bandung.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjahjono, Achmad, dkk. 2009. Akuntansi suatu pengantar 2, cetakan 1. Yogyakarta : Ganbika.

Wahyono, Budi. 2017. ”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Bantul kabupaten Bantul” dalam jurnal Pendidikan Ekonomi. No. 4, Vol. 6.

Widjaja, Amin.T. 2000. Auditing Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.