PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI INTERNAL MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG (STUDI PADA HIMPUNAN MAHASISWA MANAJEMEN (HIMMA)

Zaiful Zaiful

Abstract


Keaktifan adalah keterlibatan intelektual emosional mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan, asimilasi dan akomodasi kogmitif dalam pencapaian pengetahuan, perbuatan serta pengalaman langsung terhadap balikanya dalam pembentukan sikap. Adapun pengertian organisasi yaitu secara bahasa organisasi kumpulan dari beberapa orang yang melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Prestasi didefinisikan secara etimolgi, prestasi berasal dari bahasa belanda yaitu prestatie selajutnya dalam bahasa Indonesia menjadi prestati yang diartikan sebagai hasil uasaha. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan mahasiswa didalam sebuah organisasi di internal kampus, khususnya pada organisasi Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) Universitas Tribuwana Tunggadewi. Dimana penelitian ini menggunakan metode kuntitatif, populasi yang digunakan yaitu dari seluruh mahasiswa manajemen. Dalam pengambilan sempel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Dalam mendapatkan data yang diinginkan peneliti menyebarkan koesioner dan wawancara kepada 100 orang tersebut. hasil yang diperoleh yaitu: 1). Keaktifan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa 2). Organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi mahasiswa.

Keywords


Keaktifan Mahasiswa, Organisasi, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Aditya, J. 2006. “Studi Empiris Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Manufaktur di BEJ Periode 2000-2003” dalam jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 12 No. 2, Hal. 99-116.

Ali, Muhammad. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa.

Ali, M. 2015. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Alwi, H. 2007. Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Azra. 2002. Paradigma Pendidikan Nasional: Rekontruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Edi, Haryono, Wakhid Akhdinirwanto, dan Ashari. 2014. “Pengaruh Keaktifan Konsep Diri dan Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014” dalam jurnal, Radiasi, Vol. 4 No. 1 September 2014, Hal. 77-80.

Kartono, 1996, Pengantar Metodologi Riset Social, Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Paryati, Sudarman. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pratiwi, Siska, S. 2017. “Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta” dalam jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017.

Riduwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alpabeta.

Sarwono, S. W. 1978. “Perbedaan antara aktifis dan pemimpin dalam gerakan protes mahasiswa: Suatu studi psikologi social” (Tesis). Depok : Universitas Indonesia.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Saputro, Aditiya Riyadi. “Pengaruh Keaktifan Prestasi Belajar dan Berorganisasi Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013-2016” (Skripsi). Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Silvia, Sukirman. 2004. Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta : Pelangi Cendekia.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sumadi, Suryabrata. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Widyatmoko, Yunindra. 2014. “Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Prestasi Belajar dan Organisasi Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi” (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.