PENGARUH MARKETING MIX, TERHDAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDY UMKM ROTI FADHILAH JL. RAYA TLOGOMAS 21 RT. 004/006 TLOGOMAS LOWOKWARU MALANG)

Zainuddin Zainuddin

Abstract


Didunia pemasaran global saat ini diwarnai dengan persaingan yang sangat ketat dan hebat. Perkembangan teknologi yang semakin pesat yang canggihmenjadi tantangan para pelaku bisnis dan mendorong pelaku bisnis untuk menguasai teknologi,selain itu para pelaku bisnis juga harus mampu menyesuaikan dengan konsumen karena dalam kegiatan pemasaran konsumenlah yang mampu memegang peran yang berarti bahwa minat beli ada pada tangan konsumen,minat beli konsumen dalam memilih dan menggunakan produk identik dengan minat beli konsumen.Banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap suatu produk, seperti produk, harga,tempat,dan promosi. Elemen-elemen marketing mix yang sering disebut 4P yaitu: Product (produk), Price (harga), Place (tempat/ lokasi/ saluran distribusi), Promotion (promosi) merupakan variabel-variabel yang dapat dikontrol perusahaan sebagai sarana komunikasi dalam memahami dan memuaskan konsumen.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah kuiioner 100 responden. Dengan menggunakan metode wawancara, kuisioner dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwadata dalam penelitian ini signifikan dan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Dengan demikian, hipotesis pertama yang dinyatakan bahwa produk (X1),harga (X2), tempat (X3) dan promosi (X4) secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) dinyatakan terbukti.Secara simultan setelah dilakukan uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, tempatdan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. apabila Produk, Harga, tempatdan Promosi bersama-sama dijalankan, maka akan semakin banyak minat beli konsumen untuk meningkatkan pelangga. terlihat (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.Begitu juga apabila dilihat dari perbandingan Fhitung dan Ftabel, Fhitung sebesar 35,929 sedangkan Ftabel sebesar 2,2654, dilihat dari Fhitung>Ftabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Harga, Produk, Promosi, Tempat, Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Fadilatama.

Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Azwar. 2000. Reabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Hariadi. 2005. Strategi Manajemen. Jakarta : Bayumedia Publishing

Ridwan. 2003. Skala pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rizky. 2014. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan” dalam jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 02 Oktober 2014 Issn 1693-7619

Sevilla, Consuelo. G. 2014. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : UI Press.

Soeharno. 2007. Ekonomi Manajerial, Edisi 1. Yogyakarta : Penerbit CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian bisnis. Bandung : CV. ALFABETA.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ketujuh. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi, Ari.K. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rena Cipta.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : PT. Ghalia Indonesia.

Tandjung. 2004. Marketing Management Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang : Banyumedia.

Tjiptono, F. Gregorius, C. Dadi, A. 2008. Pemasaran Strategik Jilid 1. Yogyakarta : Penerbit CV. Andi Offset.

Trang. 2016. “Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian Mobil di PT. Astra International Tbk” dalam jurnal Malalayang. Vol.4 No.1 Maret, Hal. 472-483


Refbacks

  • There are currently no refbacks.