PENGARUH PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KARANGPLOSO

Ahmadi Ahmadi

Abstract


Koperasi adalah suatu organisasi atau suatu bisnis yang didirikan beberapa anggota untuk mencapai tujuan bersama dan untuk mencapai keuntungan bersama yang berdasarkan asas kekeluargaan. Bentuk suatu usaha yang juga dapat menolong anggotanya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu koperasi tidak hanya pelayanan sosial tetapi juga mengarah pada tujuan ekonomi. Mengingat arti pentingnya jasa serta kinerja kopersi dalam menarik minat nasabah dan pengguna jasa koperasi, maka koperasi unit desa (KUD) Karangpeloso berusaha meningkatkan pelayanan kepada nasabah.
Hasil penelitian membuktikan bahwa pelayanan jasa yang terdiri dari Keandalan (X1) terhdap keputusan Nasabah (Y) sebesar –0,111. Daya Tanggap (X2) terhadap Kepuasa Nasabah (Y) sebesar 0,111. Jaminan (X3) terhadap Kepuasa Nasabah (Y) sebesar 0,158. Empati (X4) terhadap Kepuasa Nasabah (Y) sebesar -0,154 dan Bukti Fisik (X5) terhadap Kepuasa Nasabah (Y) sebesar -0,180. Akan tetapi pelayanan jasa secara parsial dan simultan tidak mempunyai signifikan sedangkan variabel Independen yang paling dominan mempengaruhi kepuasa nasabah (Y) dalam penelitian ini adalah variabel Jaminan (X3). Adapun yang perlu diperhatikan oleh pihak pengelola Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso yaitu wajib menerapkan pelayanan jasa yang terdiri dari empat variabel tersebut, guna memperkembang usahanya serta perlu memperhatikan perilaku nasabah.

Keywords


Pelayanan Jasa dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Ghozali, 1. 2007. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komonikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relation, Advertising, Komonikasi Pemasaran. Jakarta: Kancana.

Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 13 Jakarta: Erlangga.

Santoso, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandug: alfabeta.

Sanusi Anwar 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta:Salemba Empat.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi, 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.