ANALISIS KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BAKERY DEWI DAU MALANG

Al Kadri

Abstract


Dengan perkembangan dan kemajuan zaman dewasa ini yang semakin pesat ditandai dengan perkembangan industri dan semakin tajamnya tingkat persaingan yang semuanya itu tidak lepas dari tingkat kebutuhan dan kepuasan konsumen. Dalam hal ini kulaitas produk, kualitas layanan dan kepercayaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena dapat mempengaruhi kepuasan konsumen atau pelanggan. Di Indonesia sudah banyak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan di berbagai negara lainnya, eksistensi perusahaan kecil erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat, tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia. Ada pendapat ataupun asumsi bahwa untuk melayani setiap (50) lima puluh orang penduduk kota ada 3 (3) perusahaan kecil.
Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh dari jawaban hasil responden mahasiswa/I Unitri. Variabel yang diteliti (X1) Kualitas produk, (X2) Kualitas Layanan, (X3) Kepercayaan dan (Y1) Loyalitas Konsumen. Untuk memenuhi dari tujuan penelitian, hipotesis di uji dengan analisis linier yaitu uji t dan uji f. Dari hasil analisis regresi linier antara variabel independen yaitu kualitas produk, kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh seacara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa 90% berkontribusi terhadap loyalitas konsumen terhadap Bakery Dewi Dau Malang.

Keywords


Kualitas Produk (X1), Kualitas Layanan (X2), Kepercayaan (X3), Loyalitas Konsumen (Y1)

References


Arrasyid, Harun. 2008. Pengaruh Asosiasi Merek, Nilai Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Sepeda Motor di Bekasi. Jakarta: Indonesia Unggul.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19. Jakarta: Erlangga.

Notoatmojo. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rinaka Jenaka.

Supranto. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.