PENGARUH ETIKA KERJA PEDAGANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PASAR TRADISIONAL LANDUNGSARI MALANG)

Angelina Ardila

Abstract


Etika kerja pedagang berperan penting dalam meningkatkan terhadap kepuasan konsumen. Etika yang baik akan menyebabkan konsumen loyal untuk membeli produk secara berulang-ulang kali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh etika kerja pedagang terhadap kepuasan konsumen pada pasar Tradisional landungsari Malang secara parsial. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode accidental sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa etika kerja pedagang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Tradisional Landungari Malang sebesar sebesar sebesar 6,879 atau 62,8%. Adapun yang perlu di perhatikan pedagang pasar yaitu menjaga kualitas dan kebersihan produk sehingga menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumen.

Keywords


Etika Kerja, Kepuasan Konsumen, Pedagang Tradisional

References


Damayanti, D. 2013. Tips Trik Komunikasi dan Bahasa Tubuh untuk Memikat Pelanggan Agar Loyal Seumur Hidup. Yogyakarta: Mantra Books.

Gunawan, Cakti Indra. 2016. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: IRDH.

Gunawan C.I, Ahmad Mukoffi dan Adrian Junaidar Handayanto. 2017. “Model Strategi Perbankan Syariah Menghadapi Persaingan Perbankan Di Era Masyarakat Ekonomi Asean” Dalam Jurnal Ekonomi. Vol.No.1 hal 34-35. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Gunawan C.I. Rezia Rezai. 2015. “Strategi Pengembangan Ekonomi Sumber Daya Manusia: Dampak Pengurangan Tenaga Kerja Migran Sektor Informal” Dalam Jurnal Ekonomi. Vol. No. 1. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Harsono. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.

Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.

Kotler Dan Keller. 2009. Manajemen Pemsaran. Jakarta: Gunung Agung.

Sigit, Soehardi. 2010. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wihartono, J. 2013. “Pengaruh etika perilaku penjualan terhadap loyalitas melalui kepuasan kepercayaan pelanggan” dalam Jurnal Ilmiah Jurusan Manajemen Vol. No. 4. Gorontalo: Universitas Gorontalo.

Zainuri, Ahmad. 2011. “Pengaruh EtikaKerja dan Kepemimpinan Islam Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada KJKS/UJKS Koperasi Kabupaten Pati)” (Skripsi). Walisongo: Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.