ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL

Bagus Aris Munandar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan antara Bank Syariah dan Bank konvensional. Variabel yang terdapat pada penelitian ini ada tujuh yang terdiri dari Capital Edequacy Ratio (CAR), Non Perfoming Loan (NPL), Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Loan to Debt Ratio (LDR).
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan menggunakan metode diskriftif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah mengumpulkan, mendeskrisikan, mengevaluasi dan member kesimpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kinerja keuangan Bank BRI Konvensional lebih baik di bandingkan dengan kinerja Keuangan Bank BRI Syariah dengan rata-rata CAR Bank BRI Konvensional sebesar 21,19 % berbanding 16,94 %, Rata – rata NPL Bank BRI Konvensional sebesar 1,96 % berbanding 4,13 %, Rata – rata BOPO Bank BRI Konvensional sebesar 67,85 % berbanding 95,03 %, Rata – rata NIM Bank BRI Konvensional sebesar 8,14 % berbanding 6,30 %, Rata – rata ROA Bank BRI Konvensional sebesar 4,11 % berbanding 0,57 %, Rata – rata REO Bank BRI Konvensional sebesar 26,04 % berbanding 4,56%, Rata – rata LDR Bank BRI Konvensional sebesar 86,11 % berbanding 82,85 %.

Keywords


Perbandingan Kinerja Keuangan, Bank Syariah, Bank Konvensional

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.

http://www.bri.co.id http://www.brisyariah.co.id www.bi.go.id. Diakses pada 12 Desember 2018 pukul 13:00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.