PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN UMKM JESSY MUJI JAYA (STUD1 PADA UMKM JESSY MUJI JAYA KAB MALANG)

Hendra Hendra

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di UMKM Jesi Muji Jaya di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Adapun manfaat dari penelitian yang dilakukan bagi perusahaan sebagai masukan kepada pihak perusahaan agar pemilihan tenaga kerja lebih di perhatikan karena dengan kualitas sumberdaya manusia yang baik akan menghasilkan produk yang baik juga, dan akan berdampak positif bagi perusahaan dalam mencapai visi dan misi perusahan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel keseluruhan jumlah karyawan yang berjumlah 35 orang karyawan. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh, sehingga semua populasi yang ada di UMKM tersebut diguanakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, uji F dan uji T bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat dengan kata lain tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di UMKM Jesi Muji Jaya Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.

Keywords


Motivasi, Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bahrum, S, P dan Sinaga, I, W. 2015. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. (Studi Pada Pegawai Lembaga Dewan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam Bintan Karimun)” Jurnal Akutansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol 3. No 2. Hal, 135-141. Batam: Universitas Politeknik Negeri Batam.

Bangun. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Bianca, C, O. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Karya Hidup Sentosa Yogyakarta” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dadi, B, A. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Sentra Industry Kripik Tempe Sanan Kota Malang” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Darmadi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Deikme, P. 2013. "Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Keuangan Sekda Kabupaten Mimika Provinsi Papua.” Jurnal Emba. Vol 1. No 3. Hal,980-986. Makasar: Universitas Sam Ratulangi.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariance Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hantari. 2015. “Pengaruh Motivasi Kerjadan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia)” (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hermawati, A. 2012. “Pengaruh Motivasi dan Kemampuan terhadap Prestasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Batu” Jurnal Dinamika Dotcom, Vol. 3(2): 107-120. Malang: Universitas Widyagama Malang.

Hasanah, H. 2016. “Teknik-Teknik Observasi: Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu Sosial”. Jurnal At-Taqaddum, 8(1): 21-48. Semarang: Universitas Islam Walisongo.

Irjanto, B dan Setiawan, H. 2016. “Pengaruih Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri UMKM”. Jurnal Maksipreneur Volume V No 2 :15-26. Yogyakarta: Universitas Proklamasi 45.

Kadarisman. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. Rajawali Pers.

Kadek, A. S. dan Mujiati, N. W. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Konpensasi Terhadap Kinerja Karyawan. PT. Astra Honda Nusa Dua Kabupaten Bandung”. E-Jurnal Manajemen Unud, vol 5, 12, 7956-7983. Bali: Universitas Udayana.

Mangkunegara, A, P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Misdiana, Iranita dan Kurniawan, R. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Karwikarya Wisman Graha Tanjung Pinang)” (Skripsi). Batam: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Prihatiningtyas, B. 2012. “Meningkatkan Kinerja Manajemen Usaha Kecil Yang Dikelola Perempuan Di Kota Malang”. Jurnal Simposium Penelitian Pembangunan Daerah Di Kota Malang. Malang: Bappeda Kota Malang.

Rahardjo, W. dan Saputra, M. 2017. “Pengaruh Iklim Organisasi Kepuasan Kerja Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT X”. Jurnal Psikologi. Vol 10. No 1. 2017. Medan: Universitas Medan Area.

Sasingkelo, R. Kojo, C. Rumokoy, F. S. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. pada PT, Horigichi Sinar Insani”. Jurnal Emba. Vol 4. No 4:2107-2114. Makasar: Universitas Sam Ratulangi.

Setiawan, F dan Kartika, D. 2014. “Pengaruh Konpensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Berkat Anugrah” Jurnal Bali Universitas Udayana. Bali: Universitas Udayana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanti, V. 2017. “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada UMKM Chelse Hand Made Malang” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Tampubolon, P, R. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Pematang siantar”. Jurnal. Jim UPB. Volume 6. No 1. 2018. Batam: Universitas Putera Batam.

Tampi, B, J. 2014. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Pada PT, BANK Indonesia, TBK, (Regional Sales Manado)”. Jurnal Acta Diurna. Vol III. No 4. 2014. Manado: Regional Sales Manado.

Yulianti, A. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Cv. Cipta Nusa Sidoarjo” (Skripsi). Sidoarjo: FEB Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.