ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BATU

Maria Goreti Ka’auni

Abstract


Pajak hiburan merupakan pajak atas penyelenggaraan hiburan yang berkontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kontribusi pajak hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah sangat penting untuk membiayai pembangunan Kota Batu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui kontribusi pajak hiburan terhadap PAD Kota Batu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan yaitu dokumentasi menggunakan laporan keuangan pajak Kota Batu dari tahun 2014 - 2017. Metode analisa data yang di gunakan yaitu deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa kontribusi Pajak Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu dari tahun 2014 sampai tahun 2017 dinyatakan cukup tinggi, pada tahun 2014 sebesar 9,53%, tahun 2015 sebesar 9,11%, tahun 2016 sebesar 11,23% dan tahun 2017 sebesar 12,94%. Adapun yang perlu dilakukan Dinas Pendapatan Daerah Kota Batu yaitu memberi sosialisasi kepada masyarakat tentang tarif dan cara perhitungan Pajak Hiburan sehingga memudahkan Wajib Pajak dalam pembayarannya.

Keywords


Pajak Hiburan, Pendapatan Asli Daerah, Kota Batu

Full Text:

PDF

References


Astutik, dkk. 2012. Analisis Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak Terhadap. Undang-Undang Perpajakan Dengan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Jakarta : Ghalia.

Kusumo, Firman Hadi. 2013. “Analisis Potensi Dan Kontribusi Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.