ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN DARI PELAYANAN DI KABUPATEN MALANG (STUDI KASUS PADA BAPENDA KABUPATEN MALANG)

Maria Yanuaria Hoar Seran

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektifitas dan mengetahui kontribusi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan dari pelayanan yang dikelola oleh Badan pendapatan Daerah Kabupaten Malang(Bapenda) sejak pengalihan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan terhadap Pendapatan Daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat langsung dari hasil wawancara langsung kepada pihak terkait dan data sekunder dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang. Untuk meningkatkan penerimaan daerah melalui sektor pajak, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang pun melakukan perbaikan kualitas mutu pelayanan pajak kepada wajib pajak. Pelayanan yang prima akan menunjang kepatuhan wajib pajak. Oleh karenannya diperlukan kerja sama anatar aparat pajak dan masyarakat wajib pajak untuk memaksimalkan potensi daerah Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukan efektivitas pengalihan pengelolaan sudah berjalan efektif sesuai matriks pengalihan oleh Direktorat Jendral pajak dan dikaitkan dengan teori efektivitas. Sedangkan, untuk kontribusi terhadap daya manusia yang masih belum memadai dan proses kerja sama dengan pihak ketiga.

Keywords


Efektivitas, Kontribusi, Pelayanan, Pajak Bumi, dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan

Full Text:

PDF

References


Ade Rahmi. 2013, “Pengaruh Intensifikasi dan Ekstensifikasi Terhadap Peningkatan Pendpatan Asli Daerah Guna Mewujudkan Kemandirian Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintahan Kota Padang)” (Skripsi). Padang: Universitas Negeri Padang.

Mardiasmo. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. 2006. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi..

Miles dan Huberman. 2014. Qualitative Data Analysi. Jakarta: Sage Publication.

Menatari dan Rahayu. 2015. “Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel dan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah ( Studi Kasus pada Penerimaan Daerah Kota Bandung tahun Anggaran 2009-2013)” (Skripsi). Bandung; Univeristas Telkom.

Resmi dan Siti. 2013. Perpajakan:Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Suandy dan Erly. 2011. Hukum Pajak Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Suparmo dan Theresia. 2010. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Andi.

Wirawan dan Bruton. 2013. Hukum Pajak Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Wisudawan Krida Laksana Putra. 2013. “Intensifikasi Pemungutan Pajak Hotel Ditinjau Dari Potensi Kota Batu Untuk Menigkatkan Pendapatan Asli Daerah” Jurnal Fisip Volume 1, Nomor 1, Tahun 2013.

Zainul Fikri dan Ronny. 2017.”Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu” dalam Jurnal Riset Manajemen, Fakultas Ekonomi, Unisma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.