ANALISIS PENERIMAAN PAJAK RESTORAN DAN PAJAK HOTEL SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG (STUDI KASUS BADAN PELAYANAN PAJAK DAERAH KOTA MALANG)

Martina Norma Juita

Abstract


Pendapatan Asli Daerah merupakan salah satu penerimaan atau pendapatan utama suatu daerah. Penerimaan atau Pendapatan Asli Daerah (PAD)bersumber dari banyak hal, sumber terbesar Pendapatan Asli Daerah adalah pajak daerah selain dari pada retribusi daerah yang terdiri dari berbagai sumber, seperti Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Kendaraan Bermotor dan masih banyak lagi sumber pajak daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan, tingkat kontribusi, tingkat laju pertumbuhan, dan tingkat efektivitas penerimaan pajak hotel dan restoran sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data diperoleh dari Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang. Hasil penelitian pajak restoran dan pajak hotel menunjukkan bahwa tingkat kontribusi penerimaan selalu mengalami kenaikan, kedua tingkat laju pertumbuhan penerimaan pajak selalu mengalami peningkatan, ketiga tingkat efektifitas penerimaan pajak selalu mengalami peningkatan signifikan, sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Malang.

Keywords


Penerimaan Pajak, Tingkat Kontribusi, Tingkat Laju Pertumbuhan, Tingkat Efektifitas Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Abdul, Halim. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Abdul, Halim. 2007. Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Abdul, Halim. 2011. Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keuangan Daerah Edisi 4. Yogyakarta: Salemba Empat.

Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kumadji. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Satori, Djam’an. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.