PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) CINDERAMATA KERAMIK DINOYO

Mimi Damayanti

Abstract


UMKM merupakan salah satu Industri Keluarga/rumahan yang dijadikan sebagai penggerak perekonomian rakyat. Oleh karena itu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga dihadapkan pada masalah yang terletak pada penerapan sistem akuntansi yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya tersebut serta informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan dapat bermanfaat dalam mengetahui kinerja perusahaan. Sistem akuntansi yang diperlukan pada uasaha mikro meliputi pencacatan dan pelaporan keuangan. Melalui pencatatan dan pelaporan keuangan dapat mengetahui posisi usahanya, jumlah piutang, hutang, persediaan, penjualan, dan laba tiap periode. Bagi usaha mikro kecil dan menengah sistem akuntansi mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha, tetapi hingga saat ini masih banyak UMKM yang belum menerapkan sistem akuntansi dalam usahanya sehingga tidak mampu memberikan gambaran mengenai posisi keungan perusahaan lebih akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi pada UMKM Cinderamata Keramik Dinoyo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dukumentasi,wawancara, dan studi pustaka. Serta penggunaan sistem akuntansi yang dibentuk menggunakan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak UMKM Cinderamata Keramik Dinoyo belum menerapkan sistem akuntansi dan hanya melakukan pencatatan pada saat-saat tertentu.

Keywords


Penerapan Sistem Akuntansi, Usaha Mikro Kecil Menengah

Full Text:

PDF

References


Alfitri, dkk. 2014. “Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Perajin Mebel Desa Gondangsari Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten” Jurnal Penerapan Vol 2 hal 135-147. Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Anggraeni, I. 2012. “Penerapan Sistem Akuntansi Sederhana UKM Cireng Cageur Group Bogor” (Skripsi). Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Arif, A dan Wibowo. 2008. Akuntansi Keuangan Dasar I. Jakarta: Grasindo.

Arrifin, J. 2008. Komputer Akuntansi dengan Microsoft Excell 2007. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Baswir, Revrisond. 2000. Akuntansi pemerintah Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Charles. T. Horngen Dan Walter T. Harisson. 2007. Akuntansi Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Creswell, J.W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pustaka Belajar.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi Edisi Revisi 2011. Jakarta:

Rajawali Pers.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2009. Persyaratan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1: Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: IAI.

Jusup, Al Haryono. 2003. Dasar-dasar Akuntansi Ed.6. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Kieso, et al. 2011. Intermedite Accounting, IFRS Edition. USA. John Wiley and Sons Inc.

Mulyadi. 2010. Sistem. Akuntansi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Wahyu. 2011, “Penerapan aspek-aspek Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah Kecamatan Tingkir Kota Salatiga”. (Skripsi). Salatiga: Fakultas Ekonomika Universitas Kristen Satya Wacana (Tidak dipublikasi).

Pratiwi, dkk. 2014. “Analisis Penerapan SAK ETAP pada Penyajian Laporan Keuangan PT. Nichindo Manado Suisan” Jurnal EMBA. Manado. Vol 2 hal 254-265.

Warren, et al. 2006. Pengantar Akuntansi. Edisi Dua Puluh Satu. Jakarta: Salembat Empat.

https://www.google.com/search?q=related:repository.uksw.edu/bitstream/123456789/2619/1/T1_232006097_Abstract.pdf+daftar+pustaka+hermon+dan+elisabet+penyusunan+laporan+keuangan&tbo=1&sa=X&ved=2ahUKEwjS7_al05PiAhUQSa0KHeNSCmYQHzADegQIAxAF&biw=1366&bih=657. Diakses 20 Februari 2019 Pukul 20:15 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.