PENGARUH MODAL USAHA,TENAGA KERJA,JAM KERJA DAN LAMA USAHA TERHADAP PENDAPATAN USAHA PADA KERAMIK

Noviana Hoar

Abstract


Usaha Kerajinan Keramik Soeharto belum memiliki sistem untuk menilai kinerja peusahaan yang terkomputerisasi untuk mempermudah penilaian kinerja dan pengolahan data perusahaan. Dalam proses penilaian kinerja dilakukan menggunakan formulir penilaian berupa kertas. Untuk mengetahui perkembangan penilaian atas kinerja perusahaan, UMKM Keramik Soeharto harus merekapitulasi hasil penilaian tiap periode menggunakan cara manual. Maka peneliti bertujuan untuk menganalisis dan merancang sistem penilaian kinerja perusahaan dengan menerapkan sistem penilaian kinerja berbasis laporan keuangan.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang disengaja berdasarkan kriteria tertentu.
Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah mengumpulkan, mendeskripsikan, mengevaluasi dan memberi kesimpulan data. Hasil penelitian membuktikan bahwa variable modal usaha , tenaga kerja ,jam kerja dan lama usaha berpengaruh positif terhadap pendapatan usaha keramik dan mempunyai analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan UMKM. Dengan demikian maka perlu diadakan sosilisasi khusus kepelaku UMKM di kota Malang tentang akuntansi kepada pihak yang wewenang.

Keywords


Modal usahal, Tenaga Kerja , Jam Kerja , Lama Usaha

Full Text:

PDF

References


Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta :Erlangga.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D Bandung : Alfabeta

Sukirno. Sadono. 1997. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.