KONTRIBUSI SAMSAT DRIVE THRU TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH JAWA TIMUR (STUDI KASUS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MALANG)

Romanus Ragho

Abstract


Pajak Kendaraan Bermotor adalah semua kendaraan beroda dua dan atau lebih beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan, termasuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang bergerak. Sedangkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah pajak yang dipungut atas kepemilikan dan penguasaan kendaraan bermotor (Peraturan Daerah Jawa Timur Nomor 13 Tahun 2001).
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kontribusi Drive Thru terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah menganalisis, mengumpulkan dan melihat Kontribusi Samsat Drive Thru Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Badan Pendapatan Kota Malang. Pengumpulan data berasal dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis menunjukan bahwa Kontribusi Samsat Drive Thru Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahun 2018, Triwulan I-Triwulan IV mengalami peningkatan, hal ini dapat dipahami bahwa semakin besar kontribusi Samsat Drive Thru maka semakin meningkat penerimaan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Keywords


Pajak Kendaraan Bermotor, Drive Thru, Kontribusi

Full Text:

PDF

References


Dani, H. 2006. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Gita Media Press.

Guritno. 1992. Kamus Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahmawati, Novian. 2013. “Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Melalui Layanan Drive Thru” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol. 2 No. 2.

Resmi, Siti. 2014. Perpajakan : Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Silvia, Aulis, Irma. 2015. “Analisis Mekanisme Pemungutan dan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat” Jurnal Mahasiswa Perpajakn Vol. 6. No. 2.

Suandy, Erly. 2011. Hukum Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.