ANALISIS STRATEGI DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH, PADA WARUNG S.A.S MAKANAN, MINUMAN (STUDI KASUS PADA UMKM WARUNG S.A.S JALAN KECUBUNG BARAT TLOGOMAS KOTA MALANG)

Sofia Inya Kalli

Abstract


Salah satu strategi pembangunan untuk mengurangi kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat pemerintah indonesia telah merencanakan peningkatan pendapatan nasional dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan sektor makanan, minuman yang menpunyai tahan tangguh menghadapi goncangan ekonomi dan penyediakan lapangan kerja terbesar disamping juga masih banyak menghadapi banyak hambatan untuk berkembangnya usaha untuk meningkatkan pendapatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi dalam peningkatan pendapatan pada UMKM warung S.A.S. Ini di ketahui berbagai macam faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal, namun dalam penelitian ini diteliti adalah faktor internal seperti modal, tenaga kerja dan pengalaman dan peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah.
Penelitian dilaksanakan pada UMKM yang menjual makanan dan minuman di Jln. Kecubung Barat, Kelurahan Tlogomas, Kota Malang. Metode penelitian yang diggunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan Analisis Strategi dalam Peningkatan Pendapatan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah yang dilakukan UMKM yaitu mengikuti penyuluhan dari pihak pemerintah tentang pembuatan laporan keuangan sesuai SAK penting diterapkan UMKM untuk perkembangan usaha. Adapun hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara keseluruhan pelaporan keuangan pada UMKM belum dilakukan secara maksimal, Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dari pelaku UMKM. Hal ini memicu kurangnya kesadaran dari para pelaku ekonomi entitas mikro akan pentingnya pencatatan laporan keuangan terhadap perkembangan usaha dan pengaruh besar terhadap pengambilan keputusan.

Keywords


Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, Modal, Tenaga Kerja, Pengalaman

Full Text:

PDF

References


Aulianisa, Fitri. 2013. “Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Dipasar Modal Syairah (Study Empiris Di Bei Tahun 2007-2010)” dalam Jurnal Ekonomi Islam Volum VII No 1.

Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Astuti. 2012. “Sintesis Mg-Al-Dikklofenar Hidrotalsit Melalui Reaksi Penukaran Ion” (Tesis). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Gunawan. C. I. Ningsih.R.,Sulistyowati. Y. 2018. “Model Strategi Kpps:Laporan Berbasis Daring Sebagai Pelayanan Perbankan Syariah di Indonesia Dalam Menghadapi Kompetisi di Era Informasi dan Teknologi Referensi” dalam Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol.6 No..2 Hal 1-8.

Gunawan.C.I. 2016. Strategi Pemasaran UMKM Pertarungan Bisnis di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Gunawan C.I. Dhamawan. B.C.2015. “Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi MSDM) Di Preyeksikan Sebagai Literatur Timbahan Aktisi Bisnis Yang Intens Dalam Pengembangan MSDM” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tungga Dewi.

Hartono, Bambang. 2013.Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta

Ifonie, R.R. 2012. “Pengaruh Asmetri Informas dan Manajemen Laba Terhadap Cost Of Equity Capital Pada Perusahaan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi- Vol 1, No.1.

Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: UPI.

Mukoffi. A., Gunawan. C.I., dan Lucita.M. 2018. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (Emkm) Dalam Penyajian Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecildan Menengah (UMKM). Purwokerto: IRDH.

Nanang, Martono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Analisis Isi Dan Analisis Data. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Nawawi. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompotitif. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Purwanto, A. 2012. “Pengaruh Manajemen Laba, Asmmetry Information dan Pengunkapan Sukarela Terhadap Biaya Modal” Simposim Nasional Akuntansi XV Banjarmasin.

Putra,I.G.Y. Made Sudarma dan A.A.A Wulandira SDJ 2015. “Faktor-Faktor yang Mempengaguhi Masyarakat Membeli Daging Ayam Boiler Di Kabupaten Bangli” dalam E-Journal Agribisnis dan Agrowisata (Journal of Agribisnis and Agritourism,4(1):47-48.

Ratnawatiwati. 2002. “Mengukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendidikan” dalam Jurnal Pendidikan No.043 Juli 2002.

Rifai.M. Indrahastuti.P., Sayekti.N.S dan Gunawan.C.I 2016 Strategy In Enhancing The Competiti Vonness Of Small and Medium Enter Prises In ASEAN Free Tread Era. Internasional Journal Of Academic Reserth In Business and Social Sciences.Vol.6.No 12 Hal 76-87

Suparmoko. Muhammad. 2014. Pengantar Ekonomi Makro. Yogjakarta : BPFE UGM.

Sukirno, Sadono.2013. Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sirait, Justine. 2006. Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualtatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Subramayam, KR dan John, J. Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Renika Cipta.

Sutrisno, Eddy. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop.

Tohar, M. 2000. Membuka Usaha Kecil. Jakarta: Kanisius.

Tabunan , Tulus, T.H. 2002. Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kecil Dan Menengah Dalam Perekonomian Nasional. Jogyakarta: Universitas Sanata Dharman.

Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zahara,S., Islahuddin., dan Musnadi, S. 2014. “Pengaruh debt Financing dan Equity Financing Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syairah Periode 2006-2010” dalam Jurnal Akuntansi, Universitas Syaih Kuala,Vol.3,No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.