PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA UKM INDUSTRI KERAJINAN KERAMIK SUHARTO DINOYO MALANG)

Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada UKM Keramik Dinoyo kota Malang, (2) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada UKM Keramik Dinoyo kota Malang, (3) Pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada UKM Keramik Dinoyo kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah pegawai pada UKM Keramik Dinoyo kota Malang yang berjumla 40 pegawai dengan teknik pengambilan sampel populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 19 for windows.
Dari hasil analisis statistik interensial untuk pengujian secara simultan membuktikan bahwa variabel gaya kepemimpinan (X1) dan Displin Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y) yang diketahui dari nilai Uji Fhitung 32,710 dan dengan tingkat signifikan 0,000 (P<0,5). Selain itu diketahui untuk gaya kepemimpinan dengan probabilitas 0,000 (P<0,05) dan Disiplin Keraja dengan probabilitas 0,000 (P<0,05) yang menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Devi, Eva Kris Diana. 2009. “Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional Sebgai variabel Intervening” (Tesis). Semarang: Universitas Diponegoro.

Dharmawan, I. Made Yusa. 2011 “Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Disiplin dan Kinerja Karyawan Hotel Nikki Denpasar” (Tesis). Bali: Universitas Udayana.

Evanita, Leni. 2013. “Disiplin Kerja, Gaya Kepemimpinan, Pelatihan dan Kinerja Karyawan Di RSUD Lubuk Sikaping”. (Tesis). Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Gibson, James, et al. 2011. Organisasi Perilaku, Struktur, dan Proses. (Alih Bahasa: Nunuk Adiarni). Jakarta: Binarupa Aksara.

Handayani, Agustuti. 2013. "Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Propinsi Lampung." Jurnal Administration

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, H. dan Tri, B. 2012. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja (Studi pada Karyawan Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah)” Jurnal Manajemen, 1-22.

Suranata, Sri. 2002. “Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Karyawan Perusahaan Bisni”. Jurnal Empirika, Vol. 15 (2), Desember: 116 – 138.

Susanto, Hari, Ari Pradhanawati dan Lila Tintami. 2012. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan Melalui Disiplin Kerja pada Karyawan harian SKT Megawon II PT. Djarum Kudus” Journal of Social and Politic, 1 - 8.

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Triantoro, Safaria. 2004. Kepemimpinan. Surabaya: Graha Sejati Klaten.

Yukl, Gary. 2005. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.