ANALISIS RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PT. SMART TBK

Sumiati Sumiati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ada lah untuk menilai kinerja keuangan pada perusahaan PT. SMART Tbk periode tahun 2015, 2016 dan 2017 yang ditinjau dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, dan profitabilitas. Metode pengambilan data yaitu dengan cara mengambil data laporan keuangan yang telah diterbitkan oleh perusahaan PT. SMART Tbk periode tahun 2015, 2016 dan 2017 di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis adalah rasio likuiditas dengan menggunakan rumus rasio lancar dan rasio cepat. Dan rasio profitabilitas dengan menggunakan rumus Rasio Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE).
Dari hasil analisis rasio likuiditas hasil analisis yang dilakukan perusahaan dinyatakan belum mampu melunasi kewajiban jangka pendeknya. Untuk rasio profitabilitas, perusahaan berada dalam keadaan belum baik karena kurang mengoptimalkan modal sendiri untuk menghasilkan laba bersih. Dari analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kondisi keuangan PT. SMART Tbk, yang bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit ini belum baik, dikarenakan nilai-nilai rasio pada tahun 2015 sampai dengan 2017 yang telah peneliti teliti, mengalami kenaikan yang tidak signifikan sehingga membuat kondisi keuangan perusahaan tidak stabil.

Keywords


Rasio Lancar, Rasio Cepat, Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Andayani, Mery dan Lilis Ardini. 2016. “Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba” dalam Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi: Volume 5, Nomor 7. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Arif, Syamsul, R. Rustam Hidayat dan Achmad Husaini. 2013. “Penggunaan Analisis Rasio Keuangan Dengan Metode Time Series Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan”dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 1 No. 1. Malang: Universitas Brawijaya.

Dadue, Rahmad, Ivonne S. Saerang dan Victoria N. Untung. 2017. “Analisis Kinerja Keuangan Industri Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” dalam Jurnal EMBA. Vol.5 No.2. ISSN 2303-1174. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Erica , Denny. 2018. “Analisa Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan PT Kino Indonesia Tbk” dalam Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1.

Hardono, Sony Warsono Bin. 2013. Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: BPFE.

Maith, Hendry Andres. 2013. “Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk” dalam Jurnal EMBA. Vol.1 No.3. ISSN 2303-1174. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mudawamah, Siti, Topo Wijono dan Raden Rustam Hidayat. 2018. “Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Bank Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)” dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 54 No. 1. Malang: Universitas Brawijaya.

Rabuisa, Wilna Feronika , Treesje Runtu dan Heince Wokas. 2018. “Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Dana Raya Manado” dalam Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 13(2). Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Rahmah, Mutiara Nur dan Euis Komariah. 2016. “Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Industri Semen Yang Terdaftar Di BEI (Studi Kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa TBK)” dalam Jurnal Online Insan Akuntan, Vol.1, No.1. Bekasi Timur: Akademi Akuntansi Bina Insani.

Rizal, Muhammad. 2017. “Analisis Kinerja Keuangan PT. Garuda Indonesia Tbk” dalam Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis Vol. 4 No. 1.

Suhendro, Dedi. 2017 . “Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Pt Siantar Top Tbk” dalam jurnal Human Falah: Volume 4. No. 2. Sumatera Utara: AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar.

Sulastri, Heni. 2018. “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Menggunakan Rasio Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas Dan Profitabilitas (Studi Kasus Pada PT. Smart Tbk” dalam eJournal Administrasi Bisnis, Volume 6, Nomor 1. ISSN 2355-5408: Universitas Mulawarman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.