PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI PAUD KARTIKA PRADANA MALANG (STUDI PADA PAUD KARTIKA PRADANA MALANG)

Yohana Roylan Naid

Abstract


Guru mempunyai peranan penting dalam upaya mencapai suatu tujuan instansi pendidikan, cara meningkatkan kinerja karyawan yaitu memberikan memberi motivasi untuk meningkatkan semangat bekerja dan menciptakan budaya kerja yang kondusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan budaya kerja terhadap tingkat produktivitas kerja guru secara parsial dan simultan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 15 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial motivasi berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja guru sebesar 4,257 dan budaya kerja berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja guru sebesar 3,641. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) motivasi dan budaya kerja berpengaruh signifikan terhadap tingkat produktivitas kerja guru di PAUD Kartika Pradana Malang sebesar 6,008 atau 76,5%. Adapun yang perlu di perhatikan pimpinan PAUD Kartika Pradana Malang yaitu memperhatikan kebutuhan guru seperti memberikan motivasi berbentuk pujian dan peningkatan gaji sehingga bisa menghasilkan produktifitas kerja tinggi dalam mendidik anak-anak bangsa.

Keywords


Budaya Kerja, Motivasi, Produktivitas Kerja Guru

Full Text:

PDF

References


Dewi. 2012. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honorer SMAN Rumpun IPS Se-KecamatanTemanggung” (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Salina. 2017. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Karyawan Mall Ramayana Dinoyo Malang” (Skripsi). Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Santoso, Singgih. 2012. Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Sardiman. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Simamora, Henry. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.