PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM LIMA SARANA BERSIH TLOGOMAS KOTA MALANG

Dominggus Deke

Abstract


Tujuan Dari Penelitian ini untuk mengetahui apakah sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan efektifitas dalam penyajian laporan keuangan pada UMKM lima sarana bersih sudah efektif. laporan keuagan agar dapat dimengerti oleh semua pihak maka perusahaan atau UMKM diharapkan membuat laporan yang sesuai standar
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif . penelitian ini di desain berupa data-data penjelasan berdasarkan kata atau gambar dan mengimplementasikan objek dengan apa adanya . hal ini di lakukan dengan usaha pengumpulan data, mengolah data, menyimpulkan dan melaporkan sesuai dengan tujuan penelitian. pengambilan data dalam penelitian dengan cara langsung mewawancarai dengan pemilik UMKM lima sarana bersih. Hasil penelitian menunjukan bahwah UMKM lima sarana bersih telang menerapkan sistem informasi akuntasni (SIA) namun penerapannya masih secara sederhana dimana proses transasksi yang digunakan berdasarkan prosedur akuntansi untuk transaksi pembelian produksi, transaksi penjualan dan proses pembayaran gaji karyawan.

Keywords


Penerapan Sistem Informasi Akuntansi, Efektifitas Penyajian Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Diana, dan Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi:Perancangan, Proses, dan Penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.

Hari. Adi, Priyo. 2006. “Partisipasi Pengguna dalam Pengembangan Sistem Informasi (Telaah Literatur)” dalam Jurnal Akuntansi dan Keuangan VOL. 8, No. 1.

George, H.,Bodnar, and William S. Hopwood. 2004. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hery. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bima Aksara.

Krisdiartiwi. 2011. Pembukuan Sederhana Pada UMKM . Yogyakarta: Media Presindo.

Ladjamudin, bin Al-Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Lau, Elfreda Aplonia. 2004. “Pengaruh Partisipasi Pemakai terhadap Kepuasan Pemakai Dalam Pengembangan Sistem Informasi Dengan Lima Variabel Moderating” dalam Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Volume. 7 No. 1.

Libing, Veronica dkk. 2015. “Perencangan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pencatatan Akuntansi Pada UMKM CV Cressendo” Jurnal Gema Aktualita, Vol. 4. No 1.

Lilis, Puspitiawati dan Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Marshall B. Romney & paul Jhon Steinbar. (2011). Accounting information system. Terjemahan Dany Arnos Kwary dkk edisi 9- buku 1 Jakarta salemba empat.

Mardi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Buku 1 Pendekatan Praktisi. Diterjemahkan oleh Adi Nugroho. Yogyakarta: Andi.

Rudianto. 2014. Akuntansi Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, Siti Kurnia dan Ely Suhayati. 2010. Auditing Konsep Dasar Dan Pendoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi: Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Soemarsono. 2014. Akuntansi: Suatu Pengantar. Jakarta: Selemba Empat.

Sugianto. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi Dan Tesis. Jogjakarta: Suaka Media.

Tilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Uni, Narimawati. 2010. Metode Penelitian : Dasar Penyusunan Penelitia Ekonomi. Jakarta: Genesis.

Yahuza, Aziz. 2013. “Pengaruh Partisipasi Pengguna terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Aplikasinya KePengendalian Interen (Survey pada Kantor Pelayanan Pajak di KanwilJabar 1)” (Skripsi). Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Zaki, Baridwan. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.