PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, PELAYANAN, DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PRAMUNIAGA DI PASAR TRADISIONAL LANDUNG SARI

Efifania Novilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Lingkungan kerja Pramuniaga di pasar tradisional Landung Sari. (2) Variabel kualitas pelayanan Pramuniaga di Pasar tradisional Landung Sari. (3) Kualitas Pelayanan Pramuniaga yang ada dipasar tradisional Landung Sari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang diberikan skor dengan menggunakan skala Likert. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini yang menunjukan bahwa Lingkungan Kerja berdasarkan hasil output SPSS didapatkan nilai F hitung sebesar 4,473 > Ftabel 3,32, sedangkan nilai T hitung variabel Lingkungan kerja sebesar -1,413, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap variabel produktivitas kerja Pramuniaga. Variabel Pelayanan berdasarkan hasil output SPSS nilai F hitung sebesar 5,534 > 3,32 dan nilai signifikasi sebesar 0,026 < 0,05 dengan demikian analisa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel pelayanan, nilai T hitung variabel Pelayanan sebesar -8.730, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan tidak berpengaruh terhadap variabel produktivitas kerja pramuniaga. Sedangkan variabel komunikasi berdasarkan hasil output SPSS nilai F hitung sebesar 8,801 > Ftabel 3,32 dan nilai signifikasi sebesar 0,006 < 0,05 dengan demikian analisa model regresi tidak dapat dipakai, sedangkan nilai T hitung variabel komunikasi sebesar 0,419. Hasil regresi variabel komunikasi terhadap variabel produktivitas sebesar 0,508, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi tidak berpengaruh terhadap variabel produktivitas.

Keywords


Lingkungan Kerja, Pelayanan, Komunikasi, Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Afani, M. Zainul. 2008. “Hubungan Persepsi Lingkungan Kerja Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Madiun” (Skripsi). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Alfaidah, Fitria . 2007. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Koperasi Agro Niaga Jabung Malang. Penelitian Terdahulu” (Skripsi). Malang: Universitas Islam Negeri.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mangkunegara, A. A. Anwar Perabu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pase, Longginus. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepusan Nasabah” (Skipsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso, Singgih.2010. Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahid, Sulaiman. 2004. Analisis-Analisis Regresi menggunakan SPSS. Yogyakarta : ANDI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.