PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA UD TOHU SRIJAYA JUNREJO KOTA BATU)

Eko Wahyudi

Abstract


Sumberdaya manusia adalah bagian yang menggerakkan sistem dalam perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan, karena karyawan adalah perencana, pelaku dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. Untuk mendapatkan sumberdaya manusia yang berkualitas diperlukan strategi untuk mengelola sumberdaya tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu pengaruh pelatihan, motivasi dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan secara parsial dan simultan pada UD. Tohu Srijaya Kec. Junrejo Kota Batu.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan UD. Tohu Srijaya. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh dengan menggunakan semua karyawan sebanyak 30 karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil Penelitian menunjukkan secara simultan dan parsial variabel Pelatihan, Motivasi dan Kompensasi mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada UD. Tohu Srijaya Junrejo Kota Batu.

Keywords


Pelatihan, Motivasi, Kompensasi Kepuasan Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Kusumah, A. S. Muhammad. 2015. “Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Ampel Jaya Di Surabaya” dalam Jurnal Bisnis Indonesia Vol. 6 No. 2.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwanto, Hari. 2015. “Pengaruh Faktor - Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Smp Negeri 1 Kota Madiun” dalam Jurnal JIBEKA Volume 9 Nomor 1.

Retnoningsih, Teguh, Bambang, Swasto Sunuharjo, Ika. Ruhana. 2016. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan pada PT PLN Persero Distribusi Jawa Timur Area Malang” Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 35 No. 2.

Riduwan. 2014. Dasar – Dasar Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robbins, Stephen P. dan Timothy Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Simaremare, D. Charles dan H. B. 2015. “Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja Fisik Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Federal International Finance Wilayah Riau” dalam Jurnal Tepak Manajemen Bisnis Vol. VII No. 3.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vonny, E. P. Ratag. 2016. “Pengaruh Pelatihan, Fasilitas Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt United Tractors Cabang Manado” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 03.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.