PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN BASIS KAS PADA RENTAL MOTOR LESTARI MALANG

Ervina Nurvelin

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pelaku bisnis yang bergerak di berbagai bidang usaha, yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang belum sadar pentingnya penyusunan laporan keuangan dalam usahanya. Adanya laporan keuangan yang dilakukan akan lebih mudah mengatur keuangan, mengambil keputusan, dan tentunya langkah kedepannya untuk menjalankan bisnis lebih tertata. Penelitian ini ditujukan kepada Rental Motor Lestari Malang yang berdiri pada tahun 2016 yang hanya memiliki laporan keuangan sederhana dan dengan tujuan untuk mengintepretasikan penerapan laporan keuangan dengan menggunakan basis kas untuk transaksi yang terjadi dan dijadikan dasar pertimbangan peneliti untuk melakukan pencatatan keuangan ketika uang atau kas diterima oleh pihak rental motor lestari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk membantu pihak Rental Motor Lestari Malang agar dapat menerapkan pencatatan keuangan sehingga mengasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi seperti SAK EMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sistem pencatatan keuangan di Rental Motor Lestari Malang masih dicatat dengan cara manual dan masih sangat sederhana karena pemahaman pemilik mengenai laporan keuangan yang masih terbatas dan adanya kendala waktu sehingga belum adanya penyusunan dan penerapan laporan keuangan menggunakan basis kas yang diterapkan pada Rental Motor Lestari Malang. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada pemilik Rental Motor Lestari Malang dalam menerapkan laporan keuangan menggunakan kas.

Keywords


UMKM, Laporan Keuangan, Basis Kas

Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Pinasti, Margani. 2001. “Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas” Dalam Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi Vol. 3 No.1.

Purwaningsih, S.D.2018. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Di Desa Wisata Manding” (Skripsi). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha.

Putra, Hermon Adhy dan Elizabeth Penti Kurniawati. 2012. “Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP)” (Skripsi). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rudiantoro, Rizki dan Sylvia Veronika Siregar. 2012. “Kualitas laporan keuangan UMKM serta prospek implementasi SAK ETAP” dalam Jurnal akuntansi keuangan indonesia Vol. 9 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.