PENGARUH PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BATU

Firda Mei Damayanti

Abstract


Pajak Bumi dan Bangunan adalah salah satu sumber penerimaan pendapatan asli daerah Kota Batu, namun dilihat dari segi kontribusi pajak Bumi dan Bangunan mengalami kendala dalam menggali, yaitu masih adanya Wajib Pajak Bumi dan Bangunan yang belum memenuhi kewajibannya yaitu membayar pajak. Masalah lain juga yang dihadapi yaitu terjadi fluktuasi pendapatan tahun 2012 s/d 2016. Hal itu menyebabkan kecilnya jumlah kontribusi pajak Bumi dan Bangunan di Kota Batu. Tujuan penelitian 1). Untuk mengetahui Pengaruh PBB Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu. 2). Untuk mengetahui cara memperoleh Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Batu.
Jenis penelitian menggunaka deskriptif kuaitatif. Metode pengumpulan data , Wawancara terstruktur, Observasi Partisipatif dan Triangulasi. Sampel sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisa kualitatif Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi Data dan Menarik Kesimpulan. Teknik Analisis data yag digunkan dalam penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Rencana Pengujian Keabsahan Data menggunakan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik dan Triangulasi Waktu. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kontribusi pajak bumi dan bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Batu tahun anggaran 2013-2017 bervariasi pertahun. Naik turunnya kontribusi sektor pajak bumi dan bangunan dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang ditetapkan oleh peraturan daerah. Kontribusi terbesar pajak tersebut berada pada tahun 2016 dan dapat dikatakan bahwa sektor pajak bumi dan bangunan berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu. Tingkat efektivitas pajak daerah di Kota Batu pada tahun anggaran 2013 sampai dengan tahun 2017 sudah sangat efektif dan kinerja atas pemungutan pajak daerah yang dilakukan oleh pemerintah kota batu sudah sangat baik.

Keywords


Pajak Bumi, Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Adelina, Rima. 2012. “Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik” (Skripsi). Surabaya : Universitas Negeri.

Fadilah, Nurul. 2004. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Perkotaan di Kota Samarinda” (Skripsi). Makasar : Universitas Hasanudin.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Josep Riwu Kaho. 1997. Prospek Otonomi daerah di negara Republik Indonesia, (Identifikasi beberapa factor yang Mempengaruhinya). Jakarata: Grafindo Perkasa.

Mardiasmo. 2009. Akuntasi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Mangkoesoebroto, Guritno. 1993. Ekonomi Publik. Yogyakarta: Universitas cGajah Mada.

Mardiasmo. 1987. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Miles dan Hubungan. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Muhajir, Darwin. 1994. Kebijaksanaan Publik. Surakarta; UNS Press.

Munawir, H.S. 2000. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Bandung: Eresco.

Nurharjodmo, Wahyu. 2004. “Laporan Peneliti Berbagai Upaya yang dilskuksn oleh Pemerintah Kecamatan Klaten Utara dalam meningkatkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)” Surakarta : UNS .

Soemitro, Rochmat. 1989. Pajak Bumi dan Bangunan. Bandung: Eresco.

Westra, Pariata. 1994. Manajemen Pembangunan Daerah. Jakarta : Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.