PENGARUH MODAL USAHA, DAYA SAING DAN LOKASI USAHA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Florentina Deran Lanan

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah ialah salah satu kunci agar bangsa kita ini keluar dari krisis. Karena kebanyakan usaha yang terikat dengan sector rill adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah , dan sebagian orang mempercayai bahwa salah satu kunci agar bangsa kita ini keluar dari krisis ialah dengan menggunakan sektor rill yaitu dengan cara memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, maka jelas terlihat hasil nyata meningkatnya kinerja bangsa yang relevan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah merupakan satu usaha yang bisa dikatakan kecil dimata masyarakat yang pendiriannya atas inisiatif pribadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara modal usaha, daya saing dan lokasi usaha terhadap tingkat pendapatan pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh UMKM di Kelurahan Tlogomas sebanyak 105 berdasarkan data dari kantor Dinas Koperasi dan UMKM kota Malang. penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling yang berjumlah 32 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan daya saing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di buktikan melalui nilai koefisien sebesar 0,885 atau sebesar 88.5% dengan pendapatan sebesar 0,00 (0,00<0,05).

Keywords


Modal Usaha, Daya Saing, Lokasi Usaha, Pendapatan, Regresi Linier Berganda

Full Text:

PDF

References


Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Frinces, Helfin Z. 2011 .Persaingan dan Daya Saing : Kajian strategis Globalisasi Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munandar, S. C. U. 2002 . Kreativitas Dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Sukirno, sadono. 2009. Makro Ekonomi :Teori Pengantar. Jakarta: Rajagratiando Persada.

Vera Laksmi Dewi, Anak Agung Ayu, 2012.’’Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang Canang di Kabupaten Badung’’ (Tesis). Denpasar : Univesitas Udayana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.