PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PADA UMKM RUMAH MAKAN NELONGSO KOTA MALANG

Hermanto Hermanto

Abstract


Produktivitas kerja dapat dicapai apabila karyawan mempunyai keterampilan kerja sesuai jenis kelamin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin terhadap produktivitas karyawan pada UMKM Rumah Makan Nelongso Kota Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 32 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier sederhana dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa jenis kelamin berpengaruh terhadap produktivitas karyawan pada UMKM Rumah Makan Nelongso Kota Malang sebesar 5,019 (60,2%). Adapun yang perlu di perhatikan UMKM Rumah Makan Nelongso Kota Malang yaitu menepatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan karyawan seperti laki-laki di bidang pramusaji dan perempuan bagian pencatatan dan memasak.

Keywords


Jenis Kelamin, Produktivitas Karyawan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Imam. 2012. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ayu, Mutiara Indah. 2017. “Pengaruh Gender Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Paragon Technology And Innovation Bandung” Jurnal Ekonomi Vol 4 No. 2

Gibson, J.L. Ivan C. 2013. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, dan Proses. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Handoko T. Hani. 2013. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusriyanto, Bambang. 2014. Meningkatkan Produktivitas Karyawan. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Sapirah. 2015. “Analisis Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Perawatan Pada PT. Mulia Bhakti Kahuripan” Jurnal Ekonomi Vol 3, No.3.

Supriyanto. 2012. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Ulber, Silalahi. 2012. Kerja Karyawan. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.