PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RUMAH MAKAN NELONGSO

Ismi Nurivina Mawadah

Abstract


Sumber daya manusia mempunyai peranan penting dalam upaya mencapai suatu tujuan perusahaan, cara meningkatkan kinerja karyawan yaitu menciptakan lingkungan yang kondusif dan memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada Rumah Makan Nelongso secara parsial dan simultan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 32 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial lingkungan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung = 3,542 dan motivasi berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung = 4,044. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) lingkungan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Rumah Makan Nelongso sebesar 4,799 atau 77,8%. Adapun yang perlu di perhatikan usaha yaitu kebutuhan karyawan dengan memberikan peningkatan gaji dan memberikan suasana kerja nyaman sehingga bisa menghasilkan kinerja yang baik.

Keywords


Kinerja Karyawan, Lingkungan, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Eliyanto. 2018. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah di Kabupaten Kebumen” dalam Jurnal Pendidikan Madrasah Vol. 3, No. 1.

Hasibuanal, M. 2013. Organisasi Dan Motifasi: Dasar Peningkatan Produktifitas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mangkunegara, A.A. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mardiana. 2015. Manajemen Produksi. Jakarta: Moekijat.

Nuryasin, Ilham. 2016. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang)” dalam Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 41, No.1.

Prawirosentono, S. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Samuel. 2018. “Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di UD. Tohu Srijaya Kecamatan Junrejo Kota Batu” dalam Jurnal Agregat Vol. 3, No. 1.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung : Rajawali Pers.

Siagian, Sondang. 2015. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Ulber, Silalahi. 2014. Kerja Karyawan. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.