PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (SAK EMKM) PADA UMKM CV CITIPLAN DI KOTA MALANG

Isto Inong Ndena

Abstract


Standar akuntansi keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu standar keuangan yang diterapkan untuk mempermudahkan UMKM pada saat menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang lebih sederhana dan mudah dipahami bagi investor dan kreditur untuk memberikan bantuan pembiayaan bagi para pengusaha atau pelaku UMKM. Kondisi ini terjadi di UMKM CV. Citiplan, sebuah usaha jasa Konstruksi dan Non-Konstruksi. UMKM CV. Citiplan ini sudah lama didirikan dan memiliki aktivitas bisnis yang memadai, namun belum dapat menerapakan SAK EMKM dengan baik. Latar belakang inilah yang menarik untuk di kaji terkait dengan penerapan SAK EMKM. SAK EMKM ini terdiri dari tiga komponen yaitu : laporan posisi keuangan, laporan laba rugi,dan catatan atas laporan keuangan.
Penelitian ini peneliti menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisa data, langkah-langkah analisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sistem pencatatan keuangan pada UMKM CV. Citiplan dicatat secara manual dan masih sangat sederhana, alasan membuat pencatatan yang sederhana karena, pemilik masih belum memahami cara menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar dan karena keterbatasan waktu dan karyawan sehingga untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM masih belum diterapkan. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi bagi pemilik UMKM CV. Citiplan dalam menerapkan SAK EMKM.

Keywords


Pencatatan, Laporan Keuangan, SAK EMKM

Full Text:

PDF

References


Dini, Ayesha Amalia, Fitriasari, Rizka. 2015. Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP. Malang: Universitas Brawijaya.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta : Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia.

Muchid Abdul. 2015. “Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada UD Mebel NoveL Banyuwang” (Skripsi). Jember: Universitas Jember.

Mulyadi. 2011. “Analisis Penerapan SAK ETAP di UMKM Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Surakarta” (Skripsi). Solo: Universitas Sebelas Maret.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raja, Oskar, dkk. 2010. Kiat Sukses Mendirikan dan Mengelola UMKM. Jakarta: EL Press.

Susanto, Edi. 2011. “Analisis Penerapan SAK ETAP di UMKM Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Surakarta” (Skripsi). Solo: Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Drs. Danang. 2013. Metode Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Aditama

Zahri, Rihan Mustafa. 2014. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perspsi Pengusaha tentang Pentingnya Pelaporan Keuangan dengan Jumlah Kredit serta Prospek Implementasi SAK ETAP” (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.