DAMPAK TANGGUHAN BEBAN PAJAK DALAM MEMPREDIKSI UKURAN MENEJEMEN LABA (STUDI PADA PT BMA)

Iwan Fals

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak tangguhan beban pajak dalam memprediksi ukuran manajemen laba di PT, BMA Sawu Jajar Malang. Disamping itu juga untuk mengetahui bagaimana dampak tangguhan beban pajak dalam memprediksi ukuran manajemen laba dan untuk mengetahui Apakah tangguhan beban pajak mengurangi laba penghasilan. Penlitian ini dilakukan pada PT.BMA Sawu Jajar Kota Malang, teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pengambilan sampel sumber data di lakukan secara purposive dan snowball, tehnik pengumpulan data dengan trianggulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,dan wawancara dan Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tangguhan pajak berdampak terhadap manajemen laba dan tangguhan pajak juga mengurangi laba Beban pajak tangguhan terbukti berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba karena beban pajak tangguhan dapat mendeteksi perusahaan dalam melakukan manajemen laba dan beban pajak tangguhan juga dapat mengurangi laba karena semakin besar pajak terutang perusahaan maka akan banyak mengurangi laba yang akan dating.

Keywords


Dampak Tangguhan Pajak, Menjemen Laba

Full Text:

PDF

References


Djamluddin, Subekti. 2008. “Analisis Pengaruh Perbedaan Laba Akuntansi Dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba Akrual Dan Arus Kas” dalam Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol 11 No.1.

Ettredge et al. 2009 “Client, Indusrty, and Countri Factors Affecting Choice of Big and Industry Expert Auditor” Jurnal of Accounting, Auditing and Finance, Volume 24 Nomor 3.

Lestari P Retni 2012. “Analisis kemampuan beban pajak tangguhan dalam memprediksi manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di BEI.” Dalam Jurnal Fakutas Ekonomi dan Bisnis.

Purwsaningsih a.Aditama F,. 2014. “Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Nonmanufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” Jurnal Akuntansi Dan Keuanaga Vol.26 Nomor 1.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.