PENGARUH MOTIVASI DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KERJA KARYAWAN PADA CV DELTA RAYA KOTA BATU

Jon Kapistrano Tangi

Abstract


Sumber daya manusia mempunyai peranan penting dalam upaya mencapai suatu tujuan perusahaan, cara meningkatkan kinerja karyawan yaitu memberikan memberi motivasi untuk meningkatkan semangat bekerja dan pemberian insentif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan insentif terhadap peningkatan kinerja karyawan pada CV Delta Raya secara parsial dan simultan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 30 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial motivasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 4,112 dan insentif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peningkatan kinerja kerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 4,000. Sedangkan secara simultan (bersama-sama) motivasi dan insentif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja kerja karyawan di CV Delta Raya sebesar 6,807 atau 61,2%. Adapun yang perlu di perhatikan usaha yaitu kebutuhan karyawan dengan memberikan peningkatan gaji dan memberikan suasana kerja nyaman sehingga bisa menghasilkan kinerja yang baik.

Keywords


Insentif, Kinerja Karyawan, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Afriani, Riska. 2015. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, Dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015” dalam Jurnal Economic Education Analysis.

Herawati. 2015. “Pengaruh Motivasi Terhadap Tingkat Kinerja Karyawan Bagian Administrasi Pada PT International Paint Indonesia” (Tesis). Jakarta: Universitas Indonesia.

Latief. 2011. “Analisis Pengaruh Komunikasi, Komitmen Organisasi dan Insentif Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pusat PT Perkebunan Nusantara I (Persero) Langsa” dalam Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol 11. No.3.

Maliah M. 2015. “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Rayon Pangkalan Balai” dalam Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol 10. No.9.

Priyono Dan Marnis. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama April 2008. Surabaya: Zifatama Publisher.

Simamora, Henry. 2014. “Manajemen Sumber Daya Manusia” (Skripsi). Yogyakarta: STIE YKPN.

Sutedjo, Adji Sigit. 2013. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Inti Kebun Sejahtera” Dalam Jurnal Bisnis Dan Manajemen Volume 5 No. 2.

Suwardi. 2011. “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Setda Kabupaten Pati)” dalam Jurnal Manajemen Operasional Vol. 5 No. 1.

Thara, Afifah. 2017. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT Pertamina Geothermal Energy Kantor Pusat Jakarta)” (Skripsi). Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Zaputri. 2013. “Pengaruh Insentif Material dan Non Material Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Produksi Cetak 26 PT. Temprina Media Grafika di Surabaya)” dalam Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Vol 10. No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.