EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENJUALAN (STUDI KASUS PADA AGROWISATA PETIK JERUK SELOREJO)

Juliana Juliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem informasi akuntansi untuk menyediakan informasi dalam pengambilan keputusan penjualan pada Agrowisata Petik Jeruk Selorejo. Penelitian ini penting untuk memberikan saran untuk Agrowisata Petik Jeruk Selorejo. Saran sistem informasi akuntansi untuk menyediakan informasi dalam pengambilan keputusan Agrowisata Petik Jeruk akan dipertimbangkan dalam sistem informasi akuntansi yang baru. Sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan informasi Agrowisata yang sesuai dengan karakteristik sistem informasi akuntansi untuk menyediakan informasi dalam pengambilan keputusan penjualan Agrowisata yang memadai.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengevaluasi penerapan sistem informasi akuntansi adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengevaluasi adalah deskriptif analisis yang merupakan deskripsi mengenai penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kinerjanya. Hasil penelitian menunjukkan telah menerapkan sistem informasi akuntansi, namun penerapan masih secara sederhana dimana proses transaksi yang digunakan berdasarkan prosedur akuntansi untuk transaksi pembelian produksi, transaksi penjualan dan proses pembayaran gaji karyawan.

Keywords


Sistem Informasi Akuntansi, Informasi Penjualan, Sistem Penjualan, Sistem Pengambilan Keputusan, Teknik Pengumpulan Data.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin. 2002. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Askara.

Azhar Susanto. 2013 Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Bodnar, George H,. and William S. Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi.

Hall, James A. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Selemba Empat.

Jogiyanto. 2001. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Mulyadi. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Soegiharto. 2001. “Influence Factors Affecting The Performance Of Accounting Information System” Dalam International Journal of Business Volume III No. 2.

Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Pratama.

Yusuf, Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.