PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOME INDUSTRI KERIPIK TEMPE ROHANI KOTA MALANG

Lilis Kartika

Abstract


Sumber daya manusia mempunyai peran aktif dalam kegiatan organisasi dan bisnis yang sedang dijalankan, karena manusia merupakan perencana, pelaku dan penentu terwujudnya suatu tujuan organisasi. Home Industri Keripik Tempe Rohani ini termasuk dalam sebuah usaha UMKM. Dimana peran dari sebuah usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM dalam perekonomian nasional sangatlah besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Home Industri Keripik Tempe Rohani Kota Malang. Responden yang terdapat dalam penelitian ini ialah seluruh karyawan pada Home Industri Keripik Tempe Rohani Kota Malang.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, pendekatan deskriptif, dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Dengan Jumlah sampel seluruh karyawan yang ada pada Home Industri Keripik Tempe Rohani Kota Malang. Hasil penelitian dari analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa adanya pengaruh secara parsial dari variable karateristik individu terhadap kinerja karyawan pada Home Industri Keripik Tempe Rohani Kota Malang, adanya pengaruh secara parsial dari varaibel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Home Industri Keripik Tempe Rohani Kota Malang. Dan ada pengaruh secara silmutan dari variable karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Home Industri Keripik Tempe Rohani Kota Malang.

Keywords


Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Abdulah, Thamrindan Francis Tantri. 2015 Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Andari 2016. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi Dan Umkm Provinsi Banten” dalam Jurnal Sains Manajemen Vol.2 No.2.

Alex, Nitisemito. 2000. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber DayaManusia. Jakarta: Ghalia.

Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, Doni. 2012. “Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Management Analysis. Vol.1 No.1.

Danang Sunyoto. 2012. Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktek Penelitian). Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.

Desseler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Selemba Empat.

Mangkunegara AP. 2015. Perencanan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Rafika Aditama.

Muhraweni, Rasyid Gunawan, 2017 “Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng”dalam Jurnal Mirai Management, Volume 2 Nomor 1.

Mulyadi, Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Musriha, 2013. “The Impact of Individual Characteristics and Organization Culture on Performance and Carer Development of Employes Case Studies Five Star Hotel in Surabaya Indonesia”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 14 Nomor 3.

Nuraini T. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru: Yayasan Aini Syam.

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumberdaya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P, Judge Timothy. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Serdamayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Simamora, Sutrisno Edy. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofyan, Diana Khairani. 2013. “Pengaruh lingkungan kerja kinerja kerja pegawai Bappeda”. Jurusan Teknik Industri. Universitas Malikusaleh, Lhokseumawe, Aceh-Indonesia.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono Dr. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yanuarisky Saliyandri. 2014. “Analisis Lingkungan Kerja dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.