ANALISIS JURNAL TRANSAKSI PADA UMKM (STUDI KASUS UMKM JAKET KULIT PAK JUWAD)

Lusiana Wesi

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi banyak alternatif yang dapat digunakan dalam pembuatan jurnal atau pencatatan laporan keuangan tapi hal tersebut tidak berlaku pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jaket kulit yang dikelolah oleh bapak Juwad, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut masih menggunakan sistem pencatatan yang sederhana Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hanya mencatat transaksi-transaksi yang terjadi setiap harinya pada buku catatan yang didalamnya hanya terdapat tanggal, keterangan, keluar, dan masuk. Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (UMKM) jaket kulit tersebuat tidak memiliki pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang telah diterapkan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diteliti sudah melakukan pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar.

Keywords


Jurnal Transaksi

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Beni Ahmad. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Bank Indonesia. 2013. Laporan Neraca Pembayaran Indonesia. Jakarta: Bank Indonesia.

Effendy. 2014. “Analisa Neraca Pembayaran Indonesia dengan Pendekatan Keynesian dan Monetaris” dalam Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Vol. 2 No. 2 .

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Harahap, Sofian Syafri. 2011. Teori Akuntansi. Jakarta:Salemba Empat.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martini, Dewi et a,. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Selemba Empat.

Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Ratnawati, Ari. 2006. “Analisis Kandungan Informasi Arus Kas Terhadap Return Saham di Bursa Efek Jakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susilo, Ari. 2004. “Analisis Kandungan Informasi Arus Kas Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Jakarta” (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.