PENGARUH KEADILAN PAJAK DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI UMKM KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Maria Marlina Juli

Abstract


Di Indonesia salah satu penerimaan negara yang sangat penting bagi pelaksanaan dan pembangunan serta bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejateraan masyarakat adalah pajak, disamping pemerintah menggunakan potensi hasil kekayaan alam. Pajak merupakan alat bagi pemerintah untuk mencapai tujuan untuk mendapatkan penerimaan, baik bersifat langsung maupun tidak langsung dari masyarakat guna membiayai pengeluaran rutin serta pembangunan nasional dan ekonomi masyarakat.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengujui variabel keadilan pajak dan pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan survey kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di UMKM Kelurahan Tlogomas Malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 Responden dengan teknik total sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh keadilan pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sedangkan pengetahuan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Keywords


Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Keadilan Pajak

Full Text:

PDF

References


Arum. 2012. “Pengaruh Kesadaran WP, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan WP OP yang melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Brotodiraharjo, 2013. Pengantar ilmu hukum pajak. Yogyakarta: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.