PENGARUH PERILAKU DAN INDENPENDENSI GENDER TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI KASUS DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK KOTA MALANG)

Maria Yasinta Nina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan empiris apakah terdapat pengaruh secara simultan maupun parsial antara perilaku dan indenpendensi gender terhadap kualitas audit. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data primer, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh gender yang bekerja di 5 Kantor Akuntan Publik Kota Malang. sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Pengambilan data dalam penelitin ini menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi berganda.
Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perilaku gender berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit yang dibuktikan dengan hasil analisis statistik regresi dimana nilai signifikan variabel perilaku gender lebih kecil dari nilai kritis signifikan, 2) Indenpendensi gender tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit yang dibuktikan dengan hasil analisis statistic regresi dimana nilai signifikan variabel perilaku gender lebih besar dari nilai kritis signifikan. 3) perilaku gender dan indenpendensi gender berpengaruh secara simultan terhadap kualitas audit yang dibuktikan dengan hasil analisis statistik regresi dimana nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel. Pengujian hipotesis penelitian membuktikan bahwa variabel perilaku gender berpengaruh dominan terhadap kualitas gender.

Keywords


Perilaku Gender, Indenpendensi Gender, dan Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Arens, Alvin A. dan K. Loebbecke. 1997. Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Claryska, Arbilla Previ. 2014. “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Internal Terhadap Kualitas audit DiPemerintahan Kota Bandung” (Skripsi). Bandung: Universitas Widyatama.

Efendy, Muh Taufiq. 2010. “Pengaruh Kompentensi, Indenpendensi Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan” (Tesis). Semarang: Universitas Ponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS”. Semarang: BP Undip.

Hartati, Nian Lucky. 2012. “Pengaruh Karateristik Internal Dan Eksternal Auditor Terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Atas Prosedur Audit” (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kharismamatuti, Norma. 2012. “Pengaruh Kompentensi Dan Indenpendensi Terhadap Kuaitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi” (Skripsi). Ponegoro: Universitas Diponegoro.

Mar’at, Samsunuwiyati. dan Kartono, lieke Indieningsih. 2010. Perilaku Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi, Kanaka Puradiredja, 1998. Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Nur Irawati, Siti. 2011. “Pengaruh Indenpendensi dan Kompentensi Auditor Terhadap Kualitas Audit” (Skripsi). Makasar: Universitas Hasanuddin.

Puji, Lestari Ayu. 2010. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gender Dalam Penghentian Prematur Presedur Audit” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Simamora, Henry. 2002. Auditing. Jakarta: UPP AMP YKPN.

Supriyono, R.A. 1998. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing): Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indenpendensi Penampilan Akuntan Publik. Yogyakarta: Selemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.