PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWANDI PABRIK KUE PIA AE KOTA BATU

Mathilde Due

Abstract


Perkembangan usaha dan organisasi sangat bergantung pada produktivitas kerja yang ada di dalam perusahan.Perusahaan dalam mencapai tujuannya, setiap karyawan akan di harapkan memiliki motivasi kerja dan disiplin kerja yang tinggi sehingga nantinya akan meningkatkan produktivitas kerja yang sangat tinggi.Tujuan penelitian ini untukmengetahuipengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di Pabrik Kue Pia Ae Kota Batu.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan yaitudata primer yang diperoleh dari kuesioner penelitian.Metode analisa data yang di gunakan yaitu analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial pengaruh motivasi terhdap produktivitas kerja dengan menggunakan uji t (t-test) nilai signifikan pada variabel independen motivasi kerja (X1) adalah 0,573. Nilai signifikan lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 (5%), atau nilai 0,573> 0,05, maka H0 di terima.Secara parsial pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan menggunakan uji t (t-test) nilai signifikansi disiplin kerja (X2) adalah 0,042. hasil analisis uji F, secara simultan pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja, diketahui bahwa nilai F hitung < F tabel atau 2,821 <3,369 dan nilai signifikansi sebesar 0,077 > 0,05 sehingga dapat diinterpretasikan bahwa tidak ada pengaruh antara disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja atau dapat disimpulkan bahwa menerima H0 dan menolak Ha.

Keywords


Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Ibriati Kartika. 2012. “Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Kariawan” (Skripsi). Makasar: Universitas Hasanuddin.

Ardana, Komang, dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astriana Widyastuti 2013. “Analisis Hubungan Antara Produktivitas Bekerja Dan Tingkat Pendidikan Pekerja Terhadap Kesejatraan Keluarga Di Jawa Tengah Tahun 2009” dalam Jurnal Unnes.

Candradewi, Ayuningtias. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja” (Skripsi). Jakarta: Universitas Indonesi.

Husein Umar. 1999. Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nur, Wahyu Hidayati. 2013. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Industri Genteng SHT di Desa Giwangretno Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen” dalam OIKONOMIA: VOL. 2 NO. 4.

Odie, Susila Yudha. 2013. “Peningkatan Produktivitas Pelayanan Pelanggan Melalui Pendekatan Aanalisis Customer Value Dan Return On InvestmentPT. KERETA API Daerah Operasi 8 Surabaya” dalam Jurnal Unnes , Vol. 2 No. 2.

Siswandi. 2011.Manajemen Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suhartini, Eka. 2013. Motivasi, Kepuasan kerja dan Kinerja. Alauddin University Press.

Sinungan Muchdarsyah. 2003. Produtivitas Apa Dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara,

Soedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: Maandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.